Tips & Trik

Kampas Ganda Mobil: Peran Vital dalam Pengereman

PUBLISHED DATE : 18 Juli 2023

Kampas Rem Mobil

Penurunan akselerasi ini perlu diperhatikan oleh pengguna mobil karena dapat mempengaruhi kondisi keselamatan kendaraan. Jika komponen kopling benar-benar habis, mobil dapat terjebak dalam kondisi macet atau mesin tetap hidup saat kendaraan diam.

 

  • Muncul Bau Hangus

 

Komponen kopling rentan terbakar saat mobil menempuh medan yang tanjakan atau turunan curam. Kontur jalan yang ekstrem memperkuat perpindahan transmisi yang intens.

Akibatnya, komponen kopling terpapar gesekan yang tinggi antara plat penekan dan flywheel, yang dapat menyebabkan terbakarnya komponen kopling. Ketika kampas kopling aus atau habis karena terbakar, akan tercium bau hangus yang khas.

Awalnya, bau hangus tersebut mungkin tidak tercium di dalam kabin mobil. Namun, saat kampas kopling semakin menipis, bau hangus tersebut akan semakin kuat dan dapat dirasakan di dalam kabin mobil.

Keausan kopling tidak hanya mempengaruhi kondisi mobil, tetapi juga dapat membuat penumpang merasa tidak nyaman karena bau yang tidak sedap saat berkendara.

 

  • Mesin Cepat Panas

 

Baca Juga : Peran Penting Muffler dalam Sistem Knalpot Mobil

Mesin mobil yang cepat panas saat digunakan sebenarnya adalah hal yang wajar, mengingat adanya berbagai energi yang dihasilkan saat mobil bergerak. Namun, yang perlu Anda waspadai adalah jika mesin terlalu cepat panas.

Ketika komponen kopling habis, putaran mesin akan meningkat. Penipisan kampas membuat permukaannya menjadi licin. Keadaan licin pada permukaan kampas ini akan menyebabkan perputaran mesin menjadi lebih cepat.

 

  • Perpindahan Transmisi Terasa Berat

 

Pada kondisi normal, perpindahan transmisi dapat dilakukan dengan lancar tanpa mengalami hambatan. Namun, jika komponen kopling sudah habis, Anda akan membutuhkan upaya ekstra untuk melakukan perpindahan transmisi.

Kampas yang habis menyebabkan mesin terus berputar tanpa henti. Putaran mesin yang terus-menerus ini membuat transmisi sulit untuk terhubung. Anda akan mengalami kesulitan dalam menggeser tuas persneling karena menjadi kaku dan keras.

Beberapa Cara Merawat Kampas Kopling 

Menyadari bahwa komponen satu ini memiliki peran yang sangat penting dalam kendaraan, penting untuk menjaga perawatannya dengan cara yang baik. Berikut ini adalah beberapa langkah yang tepat untuk merawat kampas!

  • Jangan melakukan pengereman sambil menginjak kopling pada mobil
  • Lakukan servis secara teratur dan berkala
  • Rutin bersihkan untuk menghilangkan kotoran yang menempel

Jadi, apabila mobil Anda mulai menunjukkan tanda-tanda kampas ganda harus diganti, segera bawa mobil Anda ke bengkel yang terpercaya. Kami rekomendasikan bengkel resmi Suzuki yang terjamin kualitasnya.

Anda bisa temukan informasi lebih lanjut mengenai layanan servis, perawatan dan lain-lain melalui tautan berikut: Suzuki.co.id

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya