Tips & Trik

Kampas Ganda Mobil: Peran Vital dalam Pengereman

PUBLISHED DATE : 18 Juli 2023

Kampas Rem Mobil

Setiap komponen kampas ini memiliki permukaan gesekan yang rata dan halus di bagian luar yang akan bersentuhan dengan plat kopling saat digunakan.

Biasanya, permukaan gesekan komponen ini dilengkapi dengan alur yang dirancang khusus untuk meningkatkan daya cengkeram dan mengurangi keausan.

Selain itu, ia juga memiliki pegangan atau mekanisme pegas yang memungkinkannya bergerak dengan fleksibel saat kopling ditekan atau dilepas.

Struktur dan desainnya dapat bervariasi tergantung pada merek dan model kendaraan, namun secara umum, bentuknya dirancang untuk memastikan kinerja yang optimal dalam mentransfer tenaga dan mengatur perpindahan gigi secara efisien.

Fungsi Kampas Kopling pada Mobil

Di balik kecanggihan mobil manual terdapat sebuah komponen yang memainkan peran vital dalam perpindahan gigi yang lancar. Ya, komponen tersebut adalah kampas ganda atau yang sering disebut kampas kopling.

Mari kita telusuri lebih jauh mengenai betapa pentingnya komponen ini dalam menjaga kinerja mobil manual yang efisien dan responsif.

 

  • Mengkoneksikan dan Memutus Tenaga Rotasi Mesin ke Transmisi

 

Peran kampas ganda pada mobil adalah untuk menghubungkan dan memutuskan tenaga putaran mesin ke transmisi. Prosesnya dilakukan dengan memutar input shaft transmisi melalui kampas kopling. Komponen ini ditempatkan di input shaft transmisi untuk memastikan hubungan yang tepat.

Baca Juga : Waspadai Saringan Udara Sepeda Motor Kotor!

Saat mesin beroperasi, tenaga putaran akan menggerakkan flywheel dan dialirkan ke clutch cover. Ketika pedal kopling diinjak, clutch cover akan longgar dan memutuskan tenaga mesin.

Sebaliknya, saat pedal kopling dilepas, komponen ini akan menempel kembali dan menghubungkan tenaga mesin ke transmisi.

 

  • Meredam Getaran

 

Kampas ganda memiliki peran penting dalam meredam getaran dan hentakan saat terjadi pemutusan atau penyambungan tenaga putar dari mesin ke transmisi. Dengan kemampuan meredam tersebut, kemungkinan terjadinya slip pada kampas kopling dapat dikurangi secara signifikan.

Hal ini berkontribusi dalam menjaga stabilitas tenaga yang dialirkan ke transmisi agar tetap stabil dan terkontrol. Selain itu, fungsinya juga melibatkan upaya untuk menjaga transfer tenaga yang halus ke transmisi.

Saat mobil mengalami peningkatan dan penurunan kecepatan, perputaran mesin akan berubah dengan cepat. Dalam hal ini, keberadaan komponen kampas membantu untuk memastikan transfer tenaga putar yang halus dan mencegah terjadinya slip yang tidak diinginkan.

Dengan demikian, kinerja transmisi dapat tetap optimal dan responsif dalam mengatur perpindahan gigi.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya