Tips & Trik

Kampas Ganda Mobil: Peran Vital dalam Pengereman

PUBLISHED DATE : 18 Juli 2023

Kampas Rem Mobil

 

  • Memperhalus Transfer Tenaga Putar ke Transmisi

 

Ketika mobil mengalami akselerasi atau deselerasi, perubahan perputaran mesin dapat terjadi dengan cepat. Dengan adanya kampas ganda, transfer tenaga putar dapat dilakukan secara lebih halus, sehingga mencegah terjadinya slip yang tidak diinginkan.

Dalam situasi ketika mobil mengalami akselerasi atau deselerasi, perputaran mesin akan mengalami perubahan yang signifikan. Namun, dengan kehadiran komponen ini, perpindahan tenaga putar dari mesin ke transmisi dapat dilakukan secara lebih lancar dan stabil.

Dengan demikian, komponen kampas berperan dalam mencegah terjadinya slip yang bisa mempengaruhi performa dan kinerja mobil.

Komponen-Komponen yang Terdapat pada Kampas Kopling 

kampas rem
Pixabay

Kampas ganda mobil mempunyai beberapa komponen yang bekerja secara sinergis. Melalui kerja sama antara kampas primer dan kampas sekunder, sistem kopling memungkinkan pengendara untuk mengatur perpindahan gigi dengan lancar dan efisien.

Selain itu, komponen ini juga memastikan kinerja transmisi yang optimal dalam pengoperasian mobil. lebih jauh, mari kita Simak informasi di bawah ini!

  • Clutch Hub: Menghubungkan input shaft transmisi dan unit kampas kopling lain.
  • Torsion Dumper: Peredam getaran saat kopling mulai menghubungkan rotasi pada kendaraan.
  • Disc Plate: Menahan beban kerja mobil saat berjalan. Komponen ini merupakan unit paling penting dalam sistem pengereman
  • Facing: Memindahkan power dan daya mesin pada mobil supaya bisa melaju dengan maksimal. selain itu, komponen ini juga dibuat untuk memperbesar gesekan.
  • Cushion Plate: Tempat dudukan facing, fungsinya memperhalus kerja facing saat mobil digunakan, sehingga mesin tidak mengalami hambatan.
  • Rivet atau Paku Keling: Menyatukan komponen-komponen seperti kampas kopling dengan cushion plate atau cushion plate dengan disc plate.

Tanda-tanda Keausan atau Kerusakan pada Kampas Kopling 

Ada beberapa tanda komponen kampas ganda mobil harus diganti. Yang paling umum adalah saat mobil tidak terasa nyaman saat dikendalikan. Lebih lanjut lagi akan dipaparkan di bawah ini.

Baca Juga : 7 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

 

  • Pedal Kopling Terlihat Lebih Tinggi

 

Saat kampas kopling aus atau habis, pedal kopling akan lebih tinggi terangkat. Akibatnya, jarak yang ditempuh untuk menekan pedal kopling menjadi lebih pendek.

Meskipun posisi pedal kopling pada mobil transmisi manual bisa diatur dengan mengatur kabel kopling, jika posisi pedal tiba-tiba naik secara tiba-tiba, kemungkinan besar komponen kopling ini sudah mulai menipis atau bahkan sudah habis.

Kondisi mobil seperti ini perlu Anda perhatikan agar dapat segera melakukan penggantian yang diperlukan.

 

  • Akselerasi Mesin Turun

 

Saat komponen kopling habis, tenaga yang dihasilkan oleh mesin tidak akan tersalurkan dengan baik ke transmisi. Itulah sebabnya, saat menginjak pedal gas mobil, tidak terjadi peningkatan kecepatan mesin. Sebaliknya, mesin akan berdecit bahkan meraung.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya