Tips & Trik

Jenis-Jenis Pintu Mobil Yang Ada Saat Ini

PUBLISHED DATE : 16 November 2021

6  ERTIGA PIK (2)

Penumpang pun dapat keluar dengan mudah tanpa harus mengkhawatirkan sisi samping mobil. Konsepnya mirip sekali dengan pintu pada pesawat tempur. Sayangnya jika posisi hujan penumpang akan kesulitan karena air akan masuk ke dalam kabin. 

  • Pintu di Bagian Muka Mobil

Ada jenis pintu mobil yang terbuka di bagian atas, ada juga di bagian depan atau muka mobil. Posisinya memang tidak lazim dan hanya bisa diciptakan jika mesin mobil tidak berada di bagian depan. 

Jadi untuk penumpang di barisan pertama dan pengemudi akan keluar melalui pintu di bagian muka mobil. Sedangkan penumpang di baris kedua akan keluar dari pintu samping di barisan yang sama. 

6._ERTIGA_PIK__1_

Tips Membuka Pintu dengan Benar agar Tidak Cepat Rusak

Setelah mengenali semua jenis pintu mobil, Anda juga perlu tahu bagaimana cara membuka pintu yang benar. Kebiasaan buka tutup mobil ini memiliki pengaruh yang besar soal awet tidaknya pintu, khususnya bagian engsel. 

Baca Juga : Mengenal Fogging Mobil, Fungsi Serta Manfaatnya

Berikut ini beberapa tips mudah untuk dilakukan oleh pengemudi maupun penumpang. 

  • Melihat Spion dan Luar Mobil 

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memperhatikan spion untuk tahu apakah ada kendaraan dari arah belakang yang hendak melintas. Selain itu perhatikan juga bagian luar sehingga mengetahui apakah ada objek yang mengganggu pintu terbuka. 

  • Membuka Pintu Sedikit 

Pada saat jalanan ramai Anda bisa membuka pintu sedikit kurang lebih 5 cm untuk memberikan isyarat kepada pengendara bahwa pintu hendak dibuka. Tahan pintu dan menunggu sampai jalanan sepi baru keluar. 

  • Membuka Pintu Pelan-Pelan

Anda harus sadar ketika hendak membuka pintu, sehingga tidak langsung memberikan tekanan besar untuk mendorongnya. Pintu harus dibuka pelan-pelan karena bisa jadi ada objek yang tidak terlihat justru membuat pintu rusak. 

Lebih berbahaya lagi jika ternyata ada pengendara lain yang dekat dengan arah pintu terbuka. Bisa jadi Anda menyebabkan kecelakaan. 

Selalu berhati-hati ketika membuka pintu adalah hal yang wajib diketahui oleh penumpang dan pengemudi. Anda pun bisa terhindar dari masalah kerusakan pintu sampai dengan kecelakaan. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya