Tips & Trik

Jenis-Jenis Pintu Mobil Yang Ada Saat Ini

PUBLISHED DATE : 16 November 2021

6  ERTIGA PIK (2)

Sama seperti pintu gunting, butterfly doors hanya digunakan pada mobil-mobil mewah. Kekurangannya hanya satu yaitu membutuhkan lahan yang luas ketika parkir. Karena pintu akan dibuka ke atas yang membutuhkan ruang lebih lebar. 

  • Gullwing Doors

Jenis pintu mobil yang satu ini ketika dibuka mirip sayap burung camar. Alasan inilah yang membuat penamaannya menjadi gullwing doors. Jika biasanya engsel pintu ada di bagian samping, kali ini engsel ada di bagian atas pintu. 

Pada saat dibuka, pintu akan menghadap ke atas. Pintu jenis ini pertama kali dirancang oleh desainer otomotif terkenal Jean Bugatti di tahun 1939. Ada banyak istilah lain yang digunakan untuk menyebutkan pintu ini. 

Contohnya di Prancis lebih dikenal dengan nama papillon atau pintu kupu-kupu. Namun ada juga yang menyebutnya falcon door. 

  • Suicide Doors

Namanya cukup unik karena artinya adalah pintu bunuh diri. Penamaan pintu ini sudah sejak lama yaitu abad ke 20 saat kereta kuda jadi alat transportasi umum. Pintu jenis ini dianggap tidak aman sehingga dinamakan suicide doors. 

Dilihat dari tampilannya, pada bagian baris pertama pintu masih sama seperti jenis standar. Yang berbeda adalah pintu di bagian baris kedua karena letak engsel ada di sisi belakang. 

  • Swan Doors

Baca Juga : Ayo Mengenal Bedanya Mobil SUV dengan Mobil MPV

Pintu jenis ini memberikan kesan anggun seperti angsa ketika kedua pintu dibuka dan terlihat tampilan mobil dari depan. Sekilas dilihat jenisnya hampir mirip dengan pintu konvensional dengan engsel di bagian depan dan pintu dibuka ke samping. 

Hanya saja swan doors memiliki bukaan yang lebih miring ke atas sehingga ada lebih banyak ruang yang digunakan untuk keluar masuk. Selain itu resiko benturan benda di sekitar seperti polisi tidur juga akan berkurang. 

  • Dihedral Doors 

Istilah lainnya adalah raptor doors, jenis pintu mobil ini merupakan pengembangan dari pintu gunting. Hanya saja pintu ini setelah dibuka akan berputar 90 derajat pada engsel pintu. Sehingga posisinya pintu agak menjorok keluar dan tegak lurus horizontal. 

Jika dilihat dari cara kerjanya pintu ini tidak memakan banyak ruang sehingga aman ketika mobil harus diparkir di area yang sempit. 

  • Canopy Doors

Sama dengan namanya, jenis pintu mobil akan terbuka layaknya kanopi. Termasuk jenis pintu yang langka dan jarang digunakan. Bagian atap mobil secara keseluruhan sampai dengan kaca depan akan otomatis naik. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya