Tips & Trik

Jenis-Jenis Pintu Mobil Yang Ada Saat Ini

PUBLISHED DATE : 16 November 2021

6  ERTIGA PIK (2)

Pintu mobil kerap kali menjadi unsur modifikasi yang penting supaya tampilan mobil berubah. Cara membuka pintu pun bukan hanya ditarik seperti jenis pintu mobil standar dari pabrikan yang kini banyak digunakan. 

Sepanjang produksi mobil ada begitu banyak jenis pintu berdasarkan cara membukanya. Beberapa memiliki nama yang unik seperti butterfly doors, suicide doors atau swan doors

Seperti apakah bentuk dari pintu-pintu ini? Tak hanya mengenali jenisnya, tapi Anda juga perlu tahu bagaimana cara membuka dengan benar agar tidak mudah rusak. 

Mengenal Jenis Pintu Mobil yang Keren dan Unik 

Tidak dapat dipungkiri bahwa pintu mobil menjadi komponen sangat penting untuk penumpang keluar masuk. Jenisnya pun sudah ada sejak lama ketika mobil pertama kali dibuat. 

Modifikasi pintu dilakukan untuk memperindah tampilan mobil dan meskipun tampak berbeda cara membukanya tidak terlalu sulit. Pintu telah dirancang agar memudahkan penumpang menggunakannya. 

Anda yang penasaran dengan apa saja jenis pintu mobil yang ada saat ini bisa langsung cek berikut ini. 

  • Pintu Konvensional 

Merupakan jenis pintu standar yang paling banyak diproduksi. Alasannya karena pembuatannya yang cenderung lebih mudah. Penumpang hanya perlu menarik pintu untuk bisa membukanya dari luar. 

Apabila dilihat dari cara membukanya sama seperti pintu rumah dengan sistem dorong dan juga tarik. Semua pintu pada baris pertama dan kedua memiliki modal bukaan yang sama. 

  • Pintu Geser

Baca Juga : Mengenal Overhaul Mesin dan Bedanya dengan Tune Up

Jenis pintu mobil yang kedua adalah dengan cara digeser. Penggunaan pintu ini biasanya ada di baris kedua penumpang. Sedangkan pintu bagian baris pertama masih menggunakan pintu konvensional. 

Kelebihan dari pintu ini adalah memiliki ruang masuk dan keluar lebih besar. Tidak heran jenis mobil seperti van atau minivan menggunakannya. 

Sistem sliding door ini juga menghindarkan mobil untuk mengenai mobil lainnya. Cocok sekali jika Anda terpaksa harus parkir di tempat yang sempit. 

  • Pintu Gunting (Scissors Doors)

Desain yang paling sering mencuri perhatian karena pintu ketika dibuka akan bergerak ke atas sehingga membentuk vertikal. Disebut dengan scissors door karena sistem buka tutupnya seperti gunting. 

Meskipun saat ini sangat terkenal dan banyak digunakan pada mobil mewah, namun pintu gunting sudah ada sejak tahun 1968. Pintu yang tampak indah ini ternyata juga praktis digunakan. 

  • Butterfly Doors

Sekilas pintu ini tampak seperti pintu gunting, namun jika diamati secara seksama ada banyak perbedaannya. Nama butterfly door sendiri dikarenakan bentuknya yang melebar sedikit ke samping. 

Hal tersebutlah yang membedakannya dengan pintu gunting meskipun sama-sama cara membukanya diayunkan ke atas. Penumpang memiliki ruang keluar masuk yang lebih lebar dibandingkan mobil dengan pintu gunting. 

Sama seperti pintu gunting, butterfly doors hanya digunakan pada mobil-mobil mewah. Kekurangannya hanya satu yaitu membutuhkan lahan yang luas ketika parkir. Karena pintu akan dibuka ke atas yang membutuhkan ruang lebih lebar. 

  • Gullwing Doors

Jenis pintu mobil yang satu ini ketika dibuka mirip sayap burung camar. Alasan inilah yang membuat penamaannya menjadi gullwing doors. Jika biasanya engsel pintu ada di bagian samping, kali ini engsel ada di bagian atas pintu. 

Pada saat dibuka, pintu akan menghadap ke atas. Pintu jenis ini pertama kali dirancang oleh desainer otomotif terkenal Jean Bugatti di tahun 1939. Ada banyak istilah lain yang digunakan untuk menyebutkan pintu ini. 

Contohnya di Prancis lebih dikenal dengan nama papillon atau pintu kupu-kupu. Namun ada juga yang menyebutnya falcon door. 

  • Suicide Doors

Namanya cukup unik karena artinya adalah pintu bunuh diri. Penamaan pintu ini sudah sejak lama yaitu abad ke 20 saat kereta kuda jadi alat transportasi umum. Pintu jenis ini dianggap tidak aman sehingga dinamakan suicide doors. 

Dilihat dari tampilannya, pada bagian baris pertama pintu masih sama seperti jenis standar. Yang berbeda adalah pintu di bagian baris kedua karena letak engsel ada di sisi belakang. 

  • Swan Doors

Pintu jenis ini memberikan kesan anggun seperti angsa ketika kedua pintu dibuka dan terlihat tampilan mobil dari depan. Sekilas dilihat jenisnya hampir mirip dengan pintu konvensional dengan engsel di bagian depan dan pintu dibuka ke samping. 

Hanya saja swan doors memiliki bukaan yang lebih miring ke atas sehingga ada lebih banyak ruang yang digunakan untuk keluar masuk. Selain itu resiko benturan benda di sekitar seperti polisi tidur juga akan berkurang. 

  • Dihedral Doors 

Istilah lainnya adalah raptor doors, jenis pintu mobil ini merupakan pengembangan dari pintu gunting. Hanya saja pintu ini setelah dibuka akan berputar 90 derajat pada engsel pintu. Sehingga posisinya pintu agak menjorok keluar dan tegak lurus horizontal. 

Jika dilihat dari cara kerjanya pintu ini tidak memakan banyak ruang sehingga aman ketika mobil harus diparkir di area yang sempit. 

  • Canopy Doors

Sama dengan namanya, jenis pintu mobil akan terbuka layaknya kanopi. Termasuk jenis pintu yang langka dan jarang digunakan. Bagian atap mobil secara keseluruhan sampai dengan kaca depan akan otomatis naik. 

Penumpang pun dapat keluar dengan mudah tanpa harus mengkhawatirkan sisi samping mobil. Konsepnya mirip sekali dengan pintu pada pesawat tempur. Sayangnya jika posisi hujan penumpang akan kesulitan karena air akan masuk ke dalam kabin. 

  • Pintu di Bagian Muka Mobil

Ada jenis pintu mobil yang terbuka di bagian atas, ada juga di bagian depan atau muka mobil. Posisinya memang tidak lazim dan hanya bisa diciptakan jika mesin mobil tidak berada di bagian depan. 

Baca Juga : Ayo Mengenal Bedanya Mobil SUV dengan Mobil MPV

Jadi untuk penumpang di barisan pertama dan pengemudi akan keluar melalui pintu di bagian muka mobil. Sedangkan penumpang di baris kedua akan keluar dari pintu samping di barisan yang sama. 

6._ERTIGA_PIK__1_

Tips Membuka Pintu dengan Benar agar Tidak Cepat Rusak

Setelah mengenali semua jenis pintu mobil, Anda juga perlu tahu bagaimana cara membuka pintu yang benar. Kebiasaan buka tutup mobil ini memiliki pengaruh yang besar soal awet tidaknya pintu, khususnya bagian engsel. 

Berikut ini beberapa tips mudah untuk dilakukan oleh pengemudi maupun penumpang. 

  • Melihat Spion dan Luar Mobil 

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memperhatikan spion untuk tahu apakah ada kendaraan dari arah belakang yang hendak melintas. Selain itu perhatikan juga bagian luar sehingga mengetahui apakah ada objek yang mengganggu pintu terbuka. 

  • Membuka Pintu Sedikit 

Pada saat jalanan ramai Anda bisa membuka pintu sedikit kurang lebih 5 cm untuk memberikan isyarat kepada pengendara bahwa pintu hendak dibuka. Tahan pintu dan menunggu sampai jalanan sepi baru keluar. 

  • Membuka Pintu Pelan-Pelan

Anda harus sadar ketika hendak membuka pintu, sehingga tidak langsung memberikan tekanan besar untuk mendorongnya. Pintu harus dibuka pelan-pelan karena bisa jadi ada objek yang tidak terlihat justru membuat pintu rusak. 

Lebih berbahaya lagi jika ternyata ada pengendara lain yang dekat dengan arah pintu terbuka. Bisa jadi Anda menyebabkan kecelakaan. 

Selalu berhati-hati ketika membuka pintu adalah hal yang wajib diketahui oleh penumpang dan pengemudi. Anda pun bisa terhindar dari masalah kerusakan pintu sampai dengan kecelakaan. 

Berita Lainnya