Tips & Trik

Jangan Salah Pilih! Ini Tips Memilih Aki Mobil yang Tepat

PUBLISHED DATE : 30 Agustus 2023

Memilih Aki Mobil

Selain itu, jika belum habis masa pakai tapi ternyata memiliki masalah, maka sebaiknya juga segera diganti dengan yang baru supaya tidak mengganggu performa mobil atau membahayakan penggunanya.

Ketika akan membeli aki baru, ada berbagai hal yang sebaiknya Anda perhatikan. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya tentang tips memilih aki mobil, pastikan Anda tidak salah pilih!

  • Sesuaikan Tipe atau Jenis Aki

Tips pertama yang sebaiknya Anda lakukan yaitu menyesuaikan dengan tipe atau jenis aki yang dibutuhkan. Jika melihat dari jenis aki, maka yang banyak beredar di pasaran yaitu aki basah, aki kering, serta aki berjenis hybrid.

Sebelum memilih aki mobil, maka sebaiknya Anda memperhatikan jenis aki apa yang sebelumnya dipakai. Misalnya, jika mobil memakai jenis aki kering, maka disarankan untuk tetap menggunakan aki kering.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi pemilihan jenis aki ini, biasanya berkaitan dengan teknologi yang dipakai untuk mesin mobil.

Mobil dengan teknologi tinggi yang kompleks, akan memiliki kecenderungan untuk membutuhkan jenis aki yang juga berteknologi tinggi.

Baca Juga : Apa Itu Car Lift? Ketahui Ini Fungsi & Jenis Jenisnya

Pastikan Anda memilih aki yang tepat, sehingga tidak ada kendala dalam mesin atau sistem kendaraan. Dengan begitu, maka perjalanan dapat berlangsung dengan aman dan nyaman, mesin mobil juga dapat lebih terjaga.

  • Jangan Lupa Cek Spesifikasi dan Kapasitasnya

Semua jenis komponen mobil tentunya memiliki spesifikasinya masing-masing, termasuk aki. Spesifikasi umumnya dituliskan dengan kode tertentu yang bisa diperhatikan ketika akan membelinya.

Untuk aki mobil, terdapat keterangan tentang kemampuan aki dalam menyimpan cadangan daya, yang biasa disebut kode RC atau Reserve Capacity.

Indikator RC sering disebut juga dengan kapasitas aki. Ini akan menunjukkan seberapa besar daya yang dapat disalurkan serta durasi penghantaran arus yang konstan.

Pastikan untuk membeli aki yang sesuai dengan tipe mobil, hal ini bisa dilihat dari kapasitas yang sebelumnya dipakai. Jangan sampai membeli yang kurang tepat, karena dapat menyebabkan berbagai kerusakan sistem, misalnya korsleting.

  • Perhatikan Dimensi Aki

Hal selanjutnya yang penting untuk Anda perhatikan ketika memilih aki yaitu tentang dimensinya. Berbagai jenis mobil bisa jadi mempunyai ruang yang lebar sehingga dapat menyimpan aki yang berukuran cukup besar.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya