Tips & Trik

Jangan Salah Pilih! Ini Tips Memilih Aki Mobil yang Tepat

PUBLISHED DATE : 30 Agustus 2023

Memilih Aki Mobil

Memilih aki mobil sebaiknya tidak dilakukan secara asal-asalan, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan dengan baik. Mulai dari memilih jenis, merek, hingga mempertimbangkan berbagai hal lainnya, perlu dilakukan supaya tidak salah pilih.

Karena aki merupakan komponen yang sangat vital bagi kendaraan, maka pastikan Anda memilih yang paling sesuai dan tepat. Dengan begitu, performa mobil akan terjaga dan perjalanan menjadi semakin aman.

Tips Memilih Aki Mobil

Aki merupakan pemasok energi yang dibutuhkan oleh komponen lainnya pada mobil Anda. Jika aki tidak stabil, rusak, atau habis, maka berbagai komponen mobil tidak bisa berfungsi dengan baik, misalnya bagian lampu atau klakson.

Perlu diketahui bahwa aki memiliki masa pakai, sehingga perlu dilakukan penggantian secara rutin. Jika sudah habis masa pakainya, maka jangan tunda penggantian aki, karena bisa berdampak pada mesin dan sistem kendaraan.

Selain itu, jika belum habis masa pakai tapi ternyata memiliki masalah, maka sebaiknya juga segera diganti dengan yang baru supaya tidak mengganggu performa mobil atau membahayakan penggunanya.

Ketika akan membeli aki baru, ada berbagai hal yang sebaiknya Anda perhatikan. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya tentang tips memilih aki mobil, pastikan Anda tidak salah pilih!

  • Sesuaikan Tipe atau Jenis Aki

Tips pertama yang sebaiknya Anda lakukan yaitu menyesuaikan dengan tipe atau jenis aki yang dibutuhkan. Jika melihat dari jenis aki, maka yang banyak beredar di pasaran yaitu aki basah, aki kering, serta aki berjenis hybrid.

Sebelum memilih aki mobil, maka sebaiknya Anda memperhatikan jenis aki apa yang sebelumnya dipakai. Misalnya, jika mobil memakai jenis aki kering, maka disarankan untuk tetap menggunakan aki kering.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi pemilihan jenis aki ini, biasanya berkaitan dengan teknologi yang dipakai untuk mesin mobil.

Baca Juga : All New Ertiga Hybrid: Mobil Keluarga Berkualitas

Mobil dengan teknologi tinggi yang kompleks, akan memiliki kecenderungan untuk membutuhkan jenis aki yang juga berteknologi tinggi.

Pastikan Anda memilih aki yang tepat, sehingga tidak ada kendala dalam mesin atau sistem kendaraan. Dengan begitu, maka perjalanan dapat berlangsung dengan aman dan nyaman, mesin mobil juga dapat lebih terjaga.

  • Jangan Lupa Cek Spesifikasi dan Kapasitasnya

Semua jenis komponen mobil tentunya memiliki spesifikasinya masing-masing, termasuk aki. Spesifikasi umumnya dituliskan dengan kode tertentu yang bisa diperhatikan ketika akan membelinya.

Untuk aki mobil, terdapat keterangan tentang kemampuan aki dalam menyimpan cadangan daya, yang biasa disebut kode RC atau Reserve Capacity.

Indikator RC sering disebut juga dengan kapasitas aki. Ini akan menunjukkan seberapa besar daya yang dapat disalurkan serta durasi penghantaran arus yang konstan.

Pastikan untuk membeli aki yang sesuai dengan tipe mobil, hal ini bisa dilihat dari kapasitas yang sebelumnya dipakai. Jangan sampai membeli yang kurang tepat, karena dapat menyebabkan berbagai kerusakan sistem, misalnya korsleting.

  • Perhatikan Dimensi Aki

Hal selanjutnya yang penting untuk Anda perhatikan ketika memilih aki yaitu tentang dimensinya. Berbagai jenis mobil bisa jadi mempunyai ruang yang lebar sehingga dapat menyimpan aki yang berukuran cukup besar.

Namun, ada juga jenis mobil yang ukuran ruang mesinnya tidak terlalu lebar, sehingga hanya bisa dipasangkan dengan aki yang sesuai dengan standar dari pabriknya.

Supaya tidak salah memilih aki dan dimensinya, maka sebaiknya Anda membaca buku pedoman yang sudah diberikan ketika membeli mobil. Cara paling aman adalah mengikuti apa yang disarankan oleh pabrik mobil.

aki mobil

iStock

  • Pilih Merek yang Terjamin Kualitasnya

Ketika akan memilih aki mobil, maka tentu saja Anda perlu memperhatikan mereknya. Pastikan bahwa Anda memilih merek yang sudah terjamin kualitasnya, sehingga tidak perlu khawatir ketika menggunakan aki tersebut.

Membeli aki yang berkualitas menjadi hal penting yang sebaiknya dilakukan, sebab kualitas aki akan memiliki pengaruh besar terhadap kinerja mobil Anda.

Jika menggunakan aki yang tidak terjamin kualitasnya, maka bisa jadi berakibat buruk bagi mesin dan sistem dari kendaraan.

Saat ini, sudah semakin banyak merek aki yang beredar dan mudah ditemukan di pasaran, dengan kisaran harga yang bervariasi. Hal tersebut mungkin saja membuat Anda bimbang akan memilih yang mana.

Maka dari itu, supaya lebih aman, Anda bisa mengikuti rekomendasi dari dealer mobil. Berbagai merek yang terkenal dan sudah terpercaya sejak lama juga bisa menjadi pertimbangan untuk Anda.

  • Beli di Toko atau Bengkel Resmi yang Terpercaya

Membeli aki mobil di toko atau bengkel yang resmi dan terpercaya adalah jalan paling aman, supaya Anda bisa terhindar dari berbagai risiko.

Dengan membeli di toko resmi, maka Anda akan mendapatkan jenis dan merek aki yang berkualitas. Tidak perlu lagi khawatir tentang komponen palsu atau sebagainya, karena keasliannya sudah terjamin.

Anda juga bisa bertanya atau berkonsultasi terkait berbagai jenis aki, supaya tidak salah pilih. Jika Anda tidak terlalu paham tentang otomotif, maka hal ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

  • Pastikan Ada Garansi

Selain melihat merek aki, menjadi hal penting juga untuk melihat garansi yang diberikan. Ketika memilih aki mobil, maka sebaiknya yang bisa memberikan garansi minimal satu tahun.

Jika Anda tidak bisa mendapatkan garansi dari pembelian aki, maka sebaiknya Anda memikirkan ulang. Anda juga bisa mempertimbangkan toko lain yang bisa memberikan garansi.

Garansi ini dapat membantu Anda ketika ada kerusakan aki ketika baru dipakai dalam kurun waktu yang dekat. Dengan begitu, maka Anda bisa memastikan bahwa produk tersebut aman digunakan dan dapat dipertanggungjawabkan jika terjadi kerusakan.

  • Tidak Membeli Aki Rekondisi atau Bekas

Baca Juga : Ini Dia Estimasi Biaya Spooring & Balancing Pada Ban Mobil

Tips terakhir yaitu tidak membeli aki rekondisi atau bekas, atau mungkin aki yang sebenarnya bekas namun dibuat sedemikian rupa sehingga tampak seperti baru.

Jika dilihat dari segi harga, aki bekas atau rekondisi memang jauh lebih murah sehingga seakan membuat Anda bisa menghemat pengeluaran.

Namun, aki jenis ini sebenarnya tidak baik untuk mobil Anda. Kapasitas daya dari aki bekas cenderung tidak stabil, sehingga sangat berpotensi untuk merusak berbagai sistem kelistrikan yang ada.

Hal tersebut dapat menimbulkan berbagai potensi bahaya untuk pengendara maupun pengguna jalan lainnya.

Selain itu, biaya perbaikannya justru dapat membuat Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang, dibandingkan dengan membeli aki yang bagus dan terpercaya kualitasnya.

Penggunaan aki bekas dengan kualitas yang tidak terjamin juga dapat berpotensi untuk menyebabkan terjadinya korsleting dan membuat kendaraan terbakar.

Meski harganya terbilang murah dan menggiurkan, namun ada berbagai risiko bahaya yang dapat menimpa mobil Anda. Jadi, sebaiknya Anda menghindari hal ini, pilihlah aki baru dengan kualitas yang terjamin.

Itulah berbagai tips yang bisa Anda ikuti ketika akan membeli aki untuk mobil. Jangan sampai salah pilih, karena akan berdampak pada performa mesin dan keamanan pengguna mobil.

Ada berbagai jenis dan merek aki yang beredar, termasuk aki rekondisi atau bekas. Harga yang ditawarkan juga bervariasi sehingga mungkin saja membuat Anda bimbang. Namun, jangan sampai Anda tergiur dengan harga murah namun kualitasnya tidak terjamin.

Pastikan Anda memilih aki mobil yang berkualitas dan membelinya di toko resmi. Selanjutnya, jika membutuhkan rekomendasi mobil terbaru, Suzuki New XL7 Hybrid dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda!

Berita Lainnya