Intip Perbedaan Mekanisme Katup OHV, SOHC dan DOHC
02 Oktober 2025
Admin
Bagikan
DOHC adalah singkatan dari Double Overhead Camshaft. Sesuai namanya, sistem ini menggunakan dua camshaft di atas kepala silinder: satu camshaft untuk katup masuk dan satu untuk katup buang.
1. Karakteristik DOHC
- Camshaft ganda di kepala silinder.
- Bisa mengatur 4 katup per silinder (2 intake dan 2 exhaust), bahkan lebih.
- Lebih sering digunakan pada mesin modern dengan performa tinggi.
2. Kelebihan DOHC
- Kontrol katup lebih presisi, cocok untuk putaran mesin tinggi.
- Lebih bertenaga karena mendukung penggunaan 4 katup per silinder.
- Optimasi efisiensi bahan bakar lebih baik dengan teknologi seperti VVT (Variable Valve Timing).
- Performa mesin lebih responsif, terutama pada kendaraan sport atau premium.
3. Kekurangan DOHC
- Konstruksi lebih kompleks, dengan jumlah komponen lebih banyak.
- Biaya produksi dan perawatan lebih mahal.
- Dimensi mesin lebih besar, sehingga tidak cocok untuk kendaraan kecil dengan ruang mesin terbatas.
Masing-masing jenis mekanisme katup memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan kendaraan. Dengan mengetahui karakteristiknya, akan lebih mudah untuk memilih jenis yang tepat.
Mana yang Lebih Baik?
Secara umum, setiap jenis mekanisme katup ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemilihan mekanisme katup bisa disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan Anda. Berikut penjelasan lengkapnya:
- OHV: Cocok untuk kendaraan niaga, truk, atau mobil dengan fokus pada torsi besar dan keawetan.
- SOHC: Ideal untuk mobil penumpang dengan kebutuhan sehari-hari, efisiensi cukup baik, dan biaya perawatan terjangkau.
- DOHC: Pilihan terbaik untuk kendaraan modern yang membutuhkan performa tinggi, akselerasi cepat, dan efisiensi bahan bakar maksimal.
Baca Juga : Ini Alasan Nyaman Berkendara Menggunakan APV Arena!
Mekanisme katup merupakan sistem penting dalam mesin kendaraan yang menentukan bagaimana udara-bahan bakar masuk dan gas buang keluar. Perbedaan antara OHV, SOHC, dan DOHC terletak pada penempatan camshaft, jumlah katup, serta kompleksitas desain.
- OHV unggul dalam kesederhanaan dan ketahanan, tapi kalah dalam efisiensi putaran tinggi.
- SOHC menjadi pilihan tengah dengan desain praktis dan biaya perawatan terjangkau.
- DOHC adalah teknologi modern dengan performa tinggi, meski lebih kompleks dan mahal.
Dengan memahami perbedaan ini, Anda bisa menyesuaikan pilihan kendaraan sesuai kebutuhan, apakah mengutamakan daya tahan, efisiensi, atau performa mesin.
Nah, setelah memahami berbagai jenis mekanisme katup, pastikan juga memastikan komponen ini selalu dalam kondisi yang baik. Caranya, dengan melakukan perawatan rutin di bengkel Suzuki terdekat. Lakukan booking online sekarang untuk perawatan kendaraan kesayangan Anda.