Tips & Trik

Ini Perbedaan Tune Up Mobil dan Servis Berkala

PUBLISHED DATE : 06 Mei 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/tune_up_mobil.jpg

Perbedaan Biaya yang Dikeluarkan

Beda layanan yang diberikan maka akan menjadi pembeda dari biaya yang harus Anda persiapkan. Tune up mobil adalah pengecekan mobil secara keseluruhan, otomatis biaya yang dibutuhkan akan lebih besar daripada servis mobil. 

Biaya servis mobil disesuaikan dengan km karena pengecekan yang dilakukan berbeda. Pada km 10 ribu estimasi bisa mencapai Rp 200.000 hingga Rp 400.000. Sedangkan untuk mobil yang mencapai 80 km lebih bisa sampai Rp 1.000.000.. 

Biaya ini juga dipengaruhi dengan jenis mobil, semakin baru tentu harga servis maupun tune up akan jauh lebih mahal. Karena pemeriksaan komponennya menggunakan alat terbaru dan canggih. 

Sedangkan biaya yang dikeluarkan untuk tune up lebih tinggi yaitu mulai dari 300 ribu rupiah sampai dua hingga tiga juta. Biaya ini belum termasuk dengan komponen maupun biaya penggantian fluida untuk mesin. 

Setelah mengetahui besaran biaya tune up mobil yang lebih mahal daripada servis, Anda bisa mempersiapkannya dari sekarang. 

Jenis Pemeriksaan yang Dilakukan

Perbedaan selanjutnya adalah jenis pemeriksaan antara servis dan tune up yang berbeda. Ada beberapa bagian dari tune up yang tidak dicek saat melakukan servis. 

Bagian-bagian ini harus Anda ketahui agar tahu benar bahwa komponen yang perlu dicek sudah dilakukan. Apa saja yang akan diperiksa saat proses servis? Berikut ini penjelasannya. 

  1. Mengecek sistem aki apakah berjalan dengan baik. 
  2. Mengecek sistem kemudi yang masih berjalan normal. 
  3. Mengecek baut di setiap roda. 
  4. Mengecek idle mesin. 
  5. Mengecek tekanan angin roda. 
  6. Membersihkan filter udara yang kotor.
  7. Mengecek jika terdapat rembesan oli. 

Selain servis, berikut ini komponen yang akan mengalami pengecekan ketika Anda melakukan tune up berkala. 

  1. Accu

Pengecekan pertama yang dilakukan oleh teknisi adalah aki mobil. Komponen listrik dalam mobil ini harus dicek apakah masih bisa berfungsi dengan baik dan perlu dicharge. Karena tanpa ada aki yang bekerja mobil akan sulit dinyalakan. 

    2. Filter Udara

Supaya kerja pembakaran mesin berjalan dengan baik, filter udara harus dicek fungsinya. Saat melakukan tune up, filter ini akan dibersihkan sehingga udara membantu pembakaran dan tenaga yang dihasilkan bagus. 

    3. Throttle Body dan Karburator

Bagian ini juga perlu diperiksa untuk mengecek RPM sekaligus. 

    4. Celah pada Busi

Bagian celah busi sudah disetel dari pabrik tapi karena penggunaan, interaksi busi dan tekanan kompresi terjadi. Oleh karena itu celah busi akan berubah dan perlu dicek. 

    5. Celah pada Katup

Pengecekan celah katup dibutuhkan untuk mengetahui apakah posisinya masih benar. Jika terjadi perubahan posisi akan menimbulkan suara berisik dan kebocoran kompresor. 

    6. Penggantian fluida

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya