Tips & Trik

Ini Dia Penyebab Mabuk Perjalanan yang Perlu Dihindari dan Solusinya

PUBLISHED DATE : 09 April 2023

Mabuk Perjalanan

Kondisi kabin mobil yang gelap dan terlalu bising juga bisa menjadi salah satu pemicu mabuk saat perjalanan. Karena kekurangan pencahayaan dan kegaduhan bisa membuat kepala menjadi sakit dan tubuh menjadi cepat lelah. 

Sementara itu, jika pencahayaannya terlalu cerah maka bisa membuat penglihatan terganggu dan bisa meningkatkan rasa mual. Pastikan pencahayaannya cukup.

 

  • Kurang Oksigen

 

Pada kondisi mobil yang pengap bisa membuat Anda Merasa mual dan kekurangan oksigen. Apabila mobil terus melaju dan dalam keadaan tertutup tidak ada sirkulasi udara maka bisa membuat udara kotor bersarang begitu lama di kabin mobil. 

Apabila jika Anda mengendarai mobil yang kecil namun kapasitasnya penuh, akan sulit bagi Anda untuk mendapat pasokan oksigen yang cukup.

Ketahui Solusi untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membantu Anda untuk mencegah dan mengatasi mabuk saat perjalanan. 

 

  • Mengatur Posisi Duduk

 

Posisi duduk Anda juga mempengaruhi kenyamanan perjalanan Anda. Jika Anda mengambil posisi duduk yang miring atau berlawanan dengan laju mobil, maka bisa membuat Anda mengalami motion sickness. 

Baca Juga : Tidak Sulit, Ini Cara Balik Nama Motor dan Mobil

Selain itu, Anda juga bisa jadi mabuk apabila duduk dalam posisi yang tidak nyaman misalnya terlalu berhimpitan. 

Jadi, sebaiknya Anda mencoba untuk mengatur tempat duduk Anda. Temukan posisi paling nyaman, apalagi jika Anda hendak melakukan perjalanan yang panjang. Duduklah dengan menghadap ke depan dan pastikan tidak terlalu sempit. 

Duduk di area paling belakang dari kendaraan juga berpengaruh, guncangan yang terjadi dapat lebih terasa. Maka Anda bisa bijak memilih tempat duduk yang sekiranya aman dan nyaman bagi Anda yang rawan diserang mabuk saat perjalanan. 

 

  • Tidak Kekenyangan Sebelum Berangkat

 

Perut yang kosong memang tidak baik untuk perjalanan, karena Anda bisa terserang masuk angin. 

Namun bukan berarti Anda harus membuat perut Anda kekenyangan. Karena hal ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman, mual dan dapat berujung muntah.

Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan dan minuman berlebihan sebelum berangkat. Jika hendak makan, ada baiknya dilakukan 2 jam sebelum perjalanan dimulai. 

 

  • Cukup Istirahat

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya