Tips & Trik

Ini Dia Penyebab Mabuk Perjalanan yang Perlu Dihindari dan Solusinya

PUBLISHED DATE : 09 April 2023

Mabuk Perjalanan

Dengan pengetahuan ini, Anda diharapkan bisa melakukan pencegahan agar tidak mengalami mabuk atau mengurangi resiko mabuk saat di perjalanan. 

 

  • Laju Mobil yang Terlalu Kencang

 

Apabila mobil Anda melaju dengan begitu cepat maka bisa mengganggu keseimbangan indera Anda. Sehingga bisa memicu terjadinya motion sickness. 

Apalagi jika mobil sering membelok dengan mendadak dan melalui medan yang tidak rata. Guncangan demi guncangan yang terjadi hanya akan membuat Anda merasakan mabuk perjalanan

 

  • Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Kurang Sehat

 

Jika sebelum melakukan perjalanan Anda telah mengonsumsi makanan ataupun minuman yang kurang sehat, maka bisa menjadi pemicu mabuk di perjalanan. 

Contohnya adalah makanan yang terlalu pedas, berlemak, ataupun asam, maka bisa membuat Anda jadi merasa mual atau ingin muntah. 

Apabila terpaksa harus mengonsumsi makanan atau minuman yang demikian, sebaiknya saat 2 jam sebelum perjalanan dimulai. Sehingga bisa menghindari terjadinya mules atau sakit perut saat perjalanan. Maka perjalanan Anda akan jadi lebih nyaman.

Baca Juga : Efek Buruk Ketika Anda Lupa Mengganti Cairan Rem

 

  • Kondisi Fisik yang Lelah

 

Pemicu mabuk perjalanan salah satunya adalah kelelahan fisik dan mental. Hal ini bisa membuat mabuk di perjalanan jadi lebih parah. Apalagi jika Anda baru saja melakukan banyak kegiatan sebelum melakukan perjalanan. 

Ditambah kondisi mental yang sedang didera cemas atau stress, hal tersebut dapat membuat Anda jadi mabuk. Sebaiknya Anda melakukan perjalanan hanya ketika fisik dan mental sedang dalam keadaan prima.

 

  • Pengaruh Suhu dalam Mobil

 

Suhu atau temperatur yang ada dalam kabin mobil Anda juga dapat menjadi salah satu penyebab mabuk. 

Apabila suhu terlalu panas dapat membuat tubuh Anda kelelahan dan merasa pusing serta dehidrasi. Namun ketika suhu dalam kabin mobil terlalu dingin juga bisa membuat Anda masuk angin. 

 

  • Terlalu Bising dan Kurang Pencahayaan

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya