Tips & Trik

Ini Daftar Ukuran Ban Mobil Terlengkap & Cara Membacanya

PUBLISHED DATE : 03 Mei 2023

Ukuran Ban Mobil

Untuk memilih ukuran roda mobil yang tepat, Anda juga perlu memahami cara membaca kode yang terdapat pada sidewall ban.

 

  • Lebar Telapak Ban

 

Lebar telapak ban adalah angka pertama dalam kode ukuran ban. Misalnya, dalam kode "205/55 R16," angka 205 menggambarkan lebar telapak ban dalam milimeter. Lebar ini penting untuk menyesuaikan ban dengan lebar velg dan mengoptimalkan kontak ban dengan jalan.

 

  • Rasio Ketebalan Ban

 

Rasio ketebalan ban adalah angka kedua dalam kode ukuran ban mobil dan menggambarkan tinggi ban dibandingkan dengan lebar telapak ban. Dalam kode "205/55 R16," angka 55 adalah rasio ketebalan ban.

Angka ini merupakan persentase, yang berarti tinggi ban adalah 55% dari lebar telapak ban (205 mm). Rasio ketebalan mempengaruhi kenyamanan berkendara dan estetika mobil.

 

  • Jenis Konstruksi Ban

Baca Juga : Mengatasi Masalah Klakson Mobil Tidak Bunyi

 

Jenis konstruksi ban ditandai oleh huruf dalam kode ukuran ban, biasanya "R" untuk radial. Dalam kode "205/55 R16," huruf "R" menunjukkan ban radial. Ban radial memiliki konstruksi yang lebih fleksibel dan tahan lama dibandingkan dengan ban bias atau diagonal.

 

  • Diameter Ban

 

Diameter ban adalah angka ketiga dalam kode ukuran ban dan menunjukkan ukuran velg yang sesuai dengan ban.

Dalam kode "205/55 R16," angka 16 adalah diameter ban dalam inci. Diameter ban harus sesuai dengan velg mobil Anda agar pemasangan ban dan velg berjalan lancar.

 

 

  • Maksimum Beban/Load Index

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Pintu Mobil

Apa Itu Peredam Pintu Mobil?

Dalam dunia kendaraan bermotor, kenyamanan dan keamanan menjadi dua aspek yang tak terpisahkan. Salah satu elemen yang krusial dalam menciptakan pengalaman berkendara yang istimewa...

selengkapnya