Tips & Trik

Ini Daftar Ukuran Ban Mobil Terlengkap & Cara Membacanya

PUBLISHED DATE : 03 Mei 2023

Ukuran Ban Mobil

Hindari mencampur ban dengan ukuran yang berbeda di satu mobil, karena ini dapat mengganggu kinerja dan keselamatan kendaraan. Selalu usahakan untuk mengganti semua ban sekaligus atau setidaknya mengganti ban sepasang (depan atau belakang).

 

  • Periksa Tekanan Ban Secara Berkala

 

Rutinlah memeriksa tekanan ban agar selalu dalam kondisi optimal. Tekanan ban yang tidak sesuai dapat menyebabkan keausan yang tidak merata, menurunkan efisiensi bahan bakar, dan mempengaruhi kinerja serta keselamatan mobil Anda.

 

  • Pakai Ban dengan Pola Tapak yang Sesuai

 

Pertimbangkan untuk menggunakan ban dengan pola tapak yang sesuai dengan kondisi jalan dan cuaca di daerah Anda. 

Misalnya, ban dengan pola tapak yang agresif mungkin lebih cocok untuk kondisi jalan yang berlumpur atau berpasir, sementara ban dengan pola tapak yang lebih halus mungkin lebih cocok untuk jalan aspal yang kering.

 

  • Rotasi Ban Secara Rutin

Baca Juga : Rem Depan Motor keras? Ini Solusinya!

 

Lakukan rotasi ban secara berkala untuk mengurangi keausan yang tidak merata dan memperpanjang umur ban. 

Aturan umumnya adalah melakukan rotasi ban setiap 8.000 hingga 10.000 km. Namun, pastikan untuk memeriksa rekomendasi produsen untuk interval rotasi ban yang tepat.

 

  • Periksa Umur Ban

 

Periksa umur ban Anda secara berkala dan pertimbangkan untuk mengganti ban yang sudah tua, meskipun belum terlihat aus. Ban yang terlalu tua mungkin mengalami penurunan kinerja dan memiliki risiko pecah.

Biasanya, ban yang berumur lebih dari 5 tahun perlu diperiksa dengan seksama, dan ban yang berumur lebih dari 10 tahun harus diganti, terlepas dari kondisi tapak ban.

Memilih ukuran ban mobil yang tepat sangat penting untuk menjaga kinerja dan keselamatan kendaraan Anda. Selalu pastikan untuk mengganti ban sesuai dengan ukuran yang direkomendasikan oleh produsen mobil dan menjaga kondisi ban agar selalu optimal.

Ganti ban mobil Anda dengan tepat di bengkel resmi Suzuki. Lakukan reservasi dengan Walk in, menghubungi halo Suzuki, atau isi form booking di website untuk penggantian ban yang cepat dan mudah.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Kaki Kaki Mobil

Cara Merawat Kaki-kaki Mobil

Jika Anda memiliki kendaraan roda empat, tentu familiar dengan istilah kaki-kaki mobil. Ya, komponen ini terdiri dari berbagai rangkaian yang terletak di bawah mobil. Bagian rangka...

selengkapnya