Tips & Trik

Apa Sih Bedanya Facelift dan All New di Otomotif

PUBLISHED DATE : 19 November 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/All_New_Ertiga.jpg

Facelift adalah penyegaran terhadap bentuk suatu mobil, baik pada interior maupun eksteriornya, hanya saja hal ini tidak dilakukan secara keseluruhan

Istilah dalam dunia otomotif memang sangatlah banyak. dan facelift serta all new adalah diantaranya. Beberapa dari Anda mungkin masih asing dengan apa itu facelift dan all new. Tidak sedikit juga orang yang masing menganggap bahwa keduanya memiliki makna sama, padahal sangat berbeda.

Bagi Anda yang sering berkecimpung dalam dunia otomotif, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah facelift dan all new ini. Meskipun demikian, Anda harus benar-benar memahami bahwa antara facelift dan all new adalah dua hal yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, ini ulasannya. 

Mengenal Istilah Facelift dalam Dunia Otomotif

Baca Juga : Ini Penyebab Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang & Solusinya

Berbicara tentang dunia otomotif memang tidak pernah terlepas dari beberapa istilah asing di dalamnya, dimana salah satu contohnya yaitu facelift. Facelift adalah penyegaran terhadap bentuk suatu mobil, baik pada interior maupun eksteriornya, namun tidak secara keseluruhan.

Pada dasarnya, facelift tidak mengubah bentuk sebelumnya dari mobil tersebut. Interior dan eksterior yang diubah tampilannya hanya sebagian kecil saja. Bagian mobil yang mengalami facelift biasanya dapat Anda lihat dari desain fisik taillight, headlight, dan grille. 

Facelift ini tidak hanya mengubah model sebelumnya saja, tetapi juga ada yang dengan cara menambahkan suatu desain tertentu. Waktu yang diperlukan untuk melakukan facelift biasanya tergantung pada bagian apa yang diubahnya.

Baca Juga : Panduan Merawat Eksterior Mobil

Facelift sendiri umumnya dilakukan oleh produsen mobil. Jadi, varian mobil tertentu di perbarui dengan versi terbarunya, namun tidak mengeluarkan model yang benar-benar baru.

Tujuan Dilakukan Facelift

Facelift yang dilakukan pada sebuah model mobil tentunya memiliki beberapa tujuan tertentu. Salah satunya adalah dengan tujuan agar mampu menarik perhatian konsumen. Mobil yang di facelift akan tampil lebih segar dan menarik, bahkan dapat bertahan lama.

Alasan lain dilakukannya facelift adalah lamanya waktu yang diperlukan untuk mengeluarkan mobil all new. Oleh sebab itu, untuk tetap menarik perhatian konsumennya, banyak produsen mobil yang melakukan facelift pada beberapa model mobil yang ada. 

All New di Dunia Otomotif

Baca Juga : Tips Mudah Menjaga Kecerahan Warna Cat Mobil

Setelah Anda memahami apa itu facelift, ada istilah lain yang harus dipahami juga dalam dunia otomotif ini, yaitu all new. All new merupakan sebutan untuk sebuah model mobil yang dihadirkan dengan bentuk yang baru dan berbeda dari sebelumnya baik segi interior maupun eksteriornya.

All new akan membuat tampilan model mobil menjadi serba baru, mulai dari segi rangka, desain, kode sasis, hingga penambahan dari segi kelengkapannya. Anda akan lebih mudah mengetahui mobil all new meskipun hanya melihat desain eksteriornya saja.

Dalam pengembangan model mobil all new ini produsen membutuhkan waktu yang relatif lama dan terlebih dahulu harus dilakukan riset. Biaya yang diperlukan untuk mobil all new juga cukup besar.

Oleh karena itu, facelift atau penyegaran model menjadi pilihan terbaik oleh para produsen mobil sebelum versi all new dikeluarkan.

Perbedaan Facelift dan All New

Sekilas, facelift dan all new memang pada intinya adalah suatu penyegaran yang dilakukan terhadap model mobil. Namun, jika dipahami secara mendalam, antara facelift dan apa itu all new adalah dua hal yang berbeda.

Perbedaan facelift dan all new dapat Anda lihat dari definisi kedua istilah tersebut. Facelift adalah penyegaran yang dilakukan pada bagian tertentu saja pada mobil tanpa mengubah bentuk sebelumnya. Sementara dalam all new, bentuk dari mobil benar-benar diubah secara keseluruhan dari sebelumnya.

Facelift pada mobil biasanya hanya mengubah beberapa bagian interior dan eksteriornya saja, atau dengan menambahkan fitur yang lebih baru. Untuk mobil all new, tidak hanya bentuk fisik dan fiturnya saja yang baru tetapi kode sasisnya juga mengalami perubahan.

Indikator perubahan kode pada mobil all new juga sering dijadikan acuan oleh para konsumen. Suatu model mobil dapat dikatakan all new jika kode sasisnya diubah dari sebelumnya. Apabila kode sasisnya telah berubah, maka dapat dipastikan bahwa mobil tersebut benar-benar baru.

Versi Suzuki yang Telah Mengalami Facelift dan All New

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Panduan_Merawat_Eksterior_Mobil.png

Panduan Merawat Eksterior Mobil

Tidak cuma interior, perawatan eksterior juga sangat penting untuk rutin dilakukan. Tidak perlu melakukan perawatan yang menguras kantong karena terpenting adalah kendaraan Anda te...

selengkapnya