Tips & Trik

Mudik dengan Mobil Sendiri? Cek Dulu 5 Bagian Mobil Ini!

PUBLISHED DATE : 25 Mei 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Mudik_dengan_Mobil_Sendiri.jpg

Menurut informasi terbaru, libur lebaran tahun ini dimulai dari tanggal 11 Juni s/d 19 Juni 2018. Itu artinya, tidak lama lagi kita akan melakukan aktivitas mudik untuk merayakan lebaran di kampung halama. Nah buat Anda yang berencana mudik dengan kendaraan pribadi, jangan lupa cek 5 bagian mobil berikut ini.

Cek oli mesin

Sebelum bersiap mudik, hal yang pertama harus diperhatikan adalah kondisi oli mesin, jangan sampai Anda melakukan perjalanan mudik dengan kondisi oli mesin yang sudah tidak layak pakai, atau yang lebih parahnya lagi, kondisi oli mesin yang sudah kering.

Baca Juga : Ternyata Begini Cara Membersihkan Kaca Mobil Yang Benar

Mumpung masih ada waktu, segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi Suzuki terdekat, dan mintalah untuk teknisi di sana untuk mengganti oli mobil Anda dengan oli terbaik.

Cek Minyak Rem

Minyak rem atau brake fluid berfungsi untuk memberi tekanan pada piston rem, sekaligus menggerakan sepatu rem agar pengereman berfungsi maksimal. Nah bisa dibayangkan kan bagaimana jadinya jika oli rem berkurang volumenya, atau bahkan habis.

Baca Juga : Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Rem Blong Pada Mobil

Makanya sebelum bersiap untuk mudik, pemeriksaan minyak rem wajib dilakukan. Pemeriksaan minyak rem ini sebaiknya dilakukan bersama dengan pemeriksaan komponen rem secara keseluruhan.

Cek ban cadangan

Setelah memeriksa ban utama dalam kondisi yang prima, Anda pun wajib memastikan ban cadangan siap untuk digunakan. Pemeriksaan ini meliputi kelayakan pelek, bunga ban yang masih penuh, tekanan angin yang maksimal dan berbagai kelayakan lainnya.

Baca Juga : Tips Lap Microfiber Tetap Awet Untuk Digunakan Membersihkan Mobil

Untuk jumlahnya, biasanya ban cadangan berjumlah 1 atau 2. Tapi jika Anda akan melakukan perjalanan panjang, 2 ban cadangan dirasa sudah lebih dari cukup.

Cek lampu-lampu

Pemeriksaan lampu-lampu terdiri dari headlamp atau lampu utama, lampu rem, lampu kabun, lampu sign, lampu interior dan lampu lainnya. Pastikan semua lampu bekerja dengan maksimal, terutama headlamp yang memiliki fungsi sangat vital.

Untuk memastikan sistem kelistrikan mobil Anda bekerja maksimal, sebaiknya segera bawa mobil ke bengke resmi Suzuki di kota Anda.

Cek kelengkapan Tambahan

Jangan lupa untuk memastikan perangkat tambahan mobil bekerja maksimal. Misalnya dongkrak harus dalam kondisi prima, pengukur tekanan ban atau tire pressure gauge yang sudah tersedia dan berfungsi maksimal, dan berbagai kunci, termasuk baut roda cadangan.

Siapkan juga kotak P3K, lengkap dengan obat-obatannya, segitiga pengaman, kabel jumper aki dan kelengkapan lainnya. Selamat mudik!

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya