Tips & Trik

Ini Cara Pencegahan Covid-19 Saat Berkendara, Biar Aman

PUBLISHED DATE : 27 Mei 2020

Pencegahan Covid19

Meskipun tujuan berkendara Anda hanya untuk jarak dekat, tetapi hendaknya tetap berusaha untuk membuat perlindungan diri secara optimal. Saat berkendara, harus dipastikan keamanan dari ujung rambut hingga ujung kaki karena virus bisa jadi menempel di bagian tubuh mana saja.

Untuk melindungi tubuh saat berkendara gunakan celana panjang dan baju berlengan panjang. Disini Anda juga perlu menggunakan jaket. Memakai pakaian seperti ini merupakan salah satu cara untuk mencegah virus Covid-19 menempel pada tubuh. Namun, pakaian juga harus dicuci setelahnya.

  • Menggunakan Masker

    Memakai masker saat keluar rumah juga merupakan salah satu pencegahan Covid-19 yang dianjurkan pemerintah. Saat berkendara, gunakan masker yang tepat agar benar-benar dapat melindungi diri dari paparan Covid-19.

    Masker yang tepat digunakan untuk berkendara adalah jenis masker kesehatan ataupun masker kain dengan bentuk biasa maupun buff. Hindari penggunaan masker berlapis-lapis. Cukup gunakan satu masker tetapi dengan cara yang benar.

    Himbauan agar tidak menggunakan masker secara berlapis adalah demi kebaikan pengendara sendiri. Penggunaan masker yang berlapis dapat menyebabkan sulitnya pernafasan sehingga mengurangi pasokan oksigen ke otak yang dapat menyebabkan pusing saat berkendara.

  • Jaga Kebersihan Helm

    Baca Juga : Mencuci Mobil Masih Sembarangan? Ini Tipsnya!

    Jenis helm yang tepat digunakan saat berkendara terutama saat Covid-19 adalah helm full face. Memakai helm jenis ini dapat membantu untuk mencegah paparan virus agar tidak menempel di area wajah.

    Namun, tetap yang utama adalah menjaga kebersihan helm. Rajin membersihkan helm akan membuat Anda semakin aman saat berkendara. Selain menjaga kebersihan helm, hindari penggunaan helm secara bergantian.

    Menggunakan helm secara bergantian dapat menyebabkan kuman yang menempel di kepala orang lain berpindah ke helm yang akan anda gunakan. Di masa seperti ini, cara pencegahan Covid-19 dengan langkah tersebut bahkan sangatlah penting.

  • Menjaga Kebersihan motor sebagai pencegahan Covid-19

    Selain menjaga kebersihan diri sendiri, menjaga kebersihan motor juga perlu untuk dilakukan untuk memastikan Anda tetap aman saat berkendara. Cara membersihkan motor dapat dilakukan dengan menyemprotkan cairan pembersih dan kain lap.

    Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua
  • Berita Lainnya