Tips & Trik

Sudah Tahu? Begini Cara Menyetir Mobil Saat PSBB

Dengan meningkatnya penyebaran virus corona di Indonesia. Untuk menekan peningkatan virus, pemerintah membuat kebijakan PSBB. Aturan pembatasan sosial secara besar ini membuat masyarakat harus tetap di rumah dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Kita hanya boleh keluar rumah jika memang ada keperluan mendesak yang tidak bisa dihindari.

PSBB sudah berlaku di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Bandung, Semarang dan lainnya. Ada beberapa aturan yang berlaku ketika masa PSBB sedang berlangsung. Salah satunya adalah tentang aturan cara menyetir mobil saat masa PSBB.

Berkendara ketika PSBB sedang berlangsung sebenarnya masih diperbolehkan jika memang ada keperluan yang sangat penting dan tidak bisa dihindarkan seperti belanja kebutuhan pokok harian. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin berkendara. Terutama jika Anda seorang pengendara mobil. Sudah tahu? Begini cara menyetir mobil saat PSBB.

Cara Mengemudi Mobil Saat PSBB

cara mengemudi mobil

Adanya wabah Covid-19 membuat heboh semua aspek kehidupan, termasuk juga membawa dampak pada dunia otomotif. Berkendara di mobil yang ber-AC tentu saja bukan menjadi jaminan kita akan terbebas dari penyebaran virus Corona. Dengan semakin maraknya penyebaran Covid-19 menjadikan masyarakat dituntut agar bisa lebih menjaga diri dan menjaga kebersihan.

Bukan hanya menjaga kebersihan saja namun juga kita diminta untuk melaksanakan protokol kesehatan dimana saja, termasuk juga saat menyetir mobil. Berikut dibawah ini adalah cara menyetir mobil saat PSBB.

  1. Selalu Menggunakan Masker Saat Mengemudi Mobil

    Pemerintah sudah menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker. Kita diminta untuk selalu menggunakan masker dimana saja termasuk saja saat kita mengendarai mobil juga harus menggunakan masker.

    Tidak hanya pengemudi saja yang harus menggunakan masker, namun penumpang juga harus menggunakan masker. Masker berfungsi sebagai alat pelindung diri dari berbagai macam virus jahat termasuk juga virus Corona. Gunakanlah masker setiap saat, ketika kita sedang di dalam mobil ataupun di luar mobil.

  2. Selalu Menjaga Kebersihan Mobil

    Sebagai upaya pencegahan diri, Anda bisa membersihkan mobil jika Anda ingin berkendara menggunakan mobil. Anda bisa membersihkan mobil Anda sama seperti biasa nya. Yang perlu diperhatikan adalah bagian-bagian yang sering tersentuh seperti gagang pintu dan setir mobil. Anda bisa membersihkannya dengan kain fiber lalu semprotkan cairan khusus atau jika ingin lebih aman, Anda bisa menggunakan cairan desinfektan untuk membersihkan mobil.

  3. Selalu Membawa Hand Sanitizer

    Ketika Anda sedang berkendara atau pergi alangkah baiknya Anda selalu membawa hand sanitizer. Semprotkan tangan Anda dengan hand sanitizer ketika selesai melakukan kontak fisik dengan orang lain atau ketika selesai memegang benda seperti uang, pintu, dan lain-lain. Hal ini bisa mengurangi kemungkinan Anda untuk terkena virus corona.

    Ketika Anda ingin mengemudi atau menyetir mobil, sebaiknya Anda gunakan dulu hand sanitizer sebelum memegang dan membuka gagang pintu mobil. Dengan begitu setidaknya tangan Anda akan lebih steril dan terjaga dari berbagai macam virus yang bisa berbahaya bagi tubuh.

  4. Batasi Penumpang Di Mobil

    Terdapat aturan dari PSBB yaitu membatasi penumpang di dalam mobil. Jumlah maksimal orang yang berada di mobil harus 50% dari kapasitas mobil. Penempatan tempat duduknya pun juga diatur.

    Misal kapasitas mobil Anda maksimal 7 orang, dengan adanya PSBB berarti mobil Anda hanya boleh diisi oleh 4 orang saja, dengan penempatan sopir 1 di depan, 2 orang di bagian tengah dan saling memberi jarak, lalu 1 lagi di belakang.

  5. Selalu Fokus Dalam Berkendara

    Ketika PSBB berlangsung, tidak menutup kemungkinan jalanan akan sepi tidak seperti biasanya. Hal inilah yang membuat banyak pengendara menjadi ngebut saat jalanan sepi. Tentunya mengebut bukan hal yang baik untuk Anda lakukan. Anda harus tetap fokus dan jangan mengebut di jalan.

    Banyak dari pengendara yang menyetir mobil dengan kebut-kebutan, mereka tidak menyadari jika ada yang lebih berbahaya dari Virus Corona, yaitu kebut-kebutan di jalan raya. Mengemudi mobil dengan kencang selain berbahaya bagi diri sendiri juga bisa membahayakan orang lain. Untuk itu selalu fokus dalam menyetir mobil.

  6. Segera Kembali Kerumah

    Seperti yang sudah Kami sampaikan diatas jika sebenarnya kita tidak boleh keluar rumah jika memang tidak sedang berada dalam kondisi terdesak. Untuk itu segeralah untuk pulang ke rumah setelah semua tugas dan keperluan sudah Anda selesaikan.

    Sebelum Anda masuk ke rumah dan berinteraksi dengan orang rumah, sebaiknya Anda langsung mencuci tangan dan membersihkan diri agar semua virus dan kotoran segera pergi dari tubuh kita. Jangan sampai kita membawa virus dari luar rumah masuk ke rumah.

  7. Segera Bersihkan Mobil setelah Digunakan

    Selain membersihkan diri, ada baiknya kita juga membersihkan mobil yang dipakai tadi. Sebaiknya Anda semprotkan cairan desinfektan pada area-area mobil yang kemungkinan tersentuh oleh orang lain.

    Anda bisa menyemprotkan cairan desinfektan pada pegangan pintu dan juga jok mobil agar semua virus dan berbagai macam sumber penyakit bisa hilang sehingga mobil kembali aman untuk digunakan.

  8. Jangan Mengangkut Penumpang Dengan Suhu Badan Tinggi

    Tips aman mengemudi mobil saat PSBB berikutnya adalah Anda harus memperhatikan penumpang yang akan Anda ajak naik ke mobil.

    Sangat dilarang untuk membawa mobil dengan penumpang yang memiliki suhu badan tinggi. Dikhawatirkan penumpang tersebut sedang mengidap virus dan penyakit Covid-19. Untuk itu kita harus selalu memperhatikan semua penumpang dan orang yang ada dalam mobil.

    Jika Anda sendiri yang mengalami gangguan kesehatan seperti demam atau gangguan kesehatan lainnya, sangat tidak dianjurkan untuk mengemudi mobil. Hal ini tentu saja karena kita bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain di jalan raya. Kita harus selalu berhati-hati ketika berkendara saat PSBB dan juga ketika sudah tidak ada aturan PSBB.

  9. Segera Hubungi Garga Siaga Untuk Bantuan Darurat

    Saat kita mengemudi mobil tentu saja kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi berikutnya. Tragedi mobil yang mogok bisa saja menimpa kita dan tentunya akan sangat merepotkan kita sendiri. Bagaimana jika terjadi masalah pada mobil kita saat PSBB?

    Untuk Anda yang mengalami kendala terhadap mobil saat PSBB, Anda bisa langsung menghubungi Garda Siaga untuk meminta bantuan di Jalan raya. Anda bisa menghubungi Aparat yang selalu siaga membantu kita dalam menangani semua masalah di jalan raya.

    Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan ketika berkendara saat PSBB sedang berlangsung. Taatilah aturan-aturan saat PSSB berlangsung untuk kebaikan kita semua. Yang terpenting adalah selalu berhati-hati dan mengikuti aturan yang berlaku karena itu juga demi keselamatan dan kebaikan kita dan orang lain.

Berita Lainnya