Tips & Trik

Ini Cara Pencegahan Covid-19 Saat Berkendara, Biar Aman

PUBLISHED DATE : 27 Mei 2020

Pencegahan Covid19

Pencegahan Covid-19 saat ini sangat penting karena virus yang tak dapat dilihat dengan mata telanjang ini dapat menempel ke tubuh tanpa disadari. Berbagai langkah pencegahan harus dilakukan, terutama untuk aktivitas diluar ruangan. Baik itu aktivitas dalam hal pekerjaan, maupun dalam perjalanan.

Bagaimana Cara  Pencegahan Covid-19 Saat Berkendara?

mencegah covid

Saat ingin melakukan aktivitas berkendara di saat pandemi ini, tentunya banyak hal yang perlu dipersiapkan agar terhindar dari paparan Covid-19. Hal yang perlu disiapkan untuk mencegah Covid-19 antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Memastikan Kondisi Tubuh Dalam Keadaan Fit

    Kesehatan merupakan salah satu hal utama yang perlu dijaga di kondisi seperti ini. Termasuk ketika akan berkendara, Anda harus memastikan bahwa kondisi tubuh dalam keadaan fit. Apabila tubuh dalam keadaan yang fit, maka imunnya pun juga dalam keadaan yang baik.

    Menjaga kondisi tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan berolahraga. Setelah dirasa tubuh Anda siap, baru aktivitas berkendara boleh dilakukan.

  2. Membawa Hand Sanitizer

    Selalu membawa hand sanitizer saat berkendara dapat dijadikan sebagai alternatif apabila sewaktu-waktu Anda ingin mencuci tangan namun tidak menemukan toilet umum. Tetapi, yang perlu diingat adalah gunakan hand sanitizer secukupnya.

    Baca Juga : Aman & Nyaman Berkendara

    Penggunaan hand sanitizer yang berlebihan juga akan membawa dampak yang tidak baik, yaitu kuman menjadi semakin kebal. Selain itu, Anda harus membeli hand sanitizer yang asli dan sudah terpercaya.

    Di tengah pandemi seperti ini banyak oknum yang mencari keuntungan memanfaatkan kesempatan, termasuk dengan cara membuat hand sanitizer palsu atau abal-abal. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa hand sanitizer yang dimiliki merupakan produk yang terpercaya.

  3. Cuci Tangan Menggunakan Sabun

    Sebelum memulai dan setelah berkendara, Anda harus mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Hal ini sesuai dengan anjuran pemerintah, bahwa cuci tangan menggunakan sabun merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kuman dan virus yang menempel pada tangan.

    Mencuci tangan yang baik dan benar adalah secara menyeluruh pada bagian tangan. Selain itu, jangan mencuci tangan secara singkat karena hal itu tidak dapat membunuh kuman secara menyeluruh. Untuk hasil yang efektif, gunakan sabun anti bakteri untuk mencuci tangan.

  4. Menggunakan Sarung Tangan

    Sarung tangan merupakan salah satu perlengkapan yang dipakai pengendara. Namun, tak jarang pengendara yang mengabaikan perlengkapan ini ataupun menggunakan dengan model yang asal-asalan dan hanya mementingkan kesan keren.

    Apabila ingin berkendara di tengah pandemi Covid-19, sangat dianjurkan untuk memakai sarung tangan. Jenis sarung tangan yang benar saat dipakai berkendara adalah yang menutup semua bagian tangan mulai dari jari, punggung tangan, dan telapak tangan.

    Jangan gunakan sarung tangan yang bolong di bagian jari ataupun sarung tangan yang berbentuk jaring-jaring. Sarung tangan jenis ini tidak efektif untuk mencegah virus menembus ke kulit. Setelah digunakan, pastikan untuk mencuci sarung tangan sesegera mungkin.

  5. Menggunakan Celana Panjang Dan Baju Berlengan Panjang Di Lapisi Jaket

    Meskipun tujuan berkendara Anda hanya untuk jarak dekat, tetapi hendaknya tetap berusaha untuk membuat perlindungan diri secara optimal. Saat berkendara, harus dipastikan keamanan dari ujung rambut hingga ujung kaki karena virus bisa jadi menempel di bagian tubuh mana saja.

    Untuk melindungi tubuh saat berkendara gunakan celana panjang dan baju berlengan panjang. Disini Anda juga perlu menggunakan jaket. Memakai pakaian seperti ini merupakan salah satu cara untuk mencegah virus Covid-19 menempel pada tubuh. Namun, pakaian juga harus dicuci setelahnya.

  6. Menggunakan Masker

    Memakai masker saat keluar rumah juga merupakan salah satu pencegahan Covid-19 yang dianjurkan pemerintah. Saat berkendara, gunakan masker yang tepat agar benar-benar dapat melindungi diri dari paparan Covid-19.

    Masker yang tepat digunakan untuk berkendara adalah jenis masker kesehatan ataupun masker kain dengan bentuk biasa maupun buff. Hindari penggunaan masker berlapis-lapis. Cukup gunakan satu masker tetapi dengan cara yang benar.

    Himbauan agar tidak menggunakan masker secara berlapis adalah demi kebaikan pengendara sendiri. Penggunaan masker yang berlapis dapat menyebabkan sulitnya pernafasan sehingga mengurangi pasokan oksigen ke otak yang dapat menyebabkan pusing saat berkendara.

  7. Jaga Kebersihan Helm

    Jenis helm yang tepat digunakan saat berkendara terutama saat Covid-19 adalah helm full face. Memakai helm jenis ini dapat membantu untuk mencegah paparan virus agar tidak menempel di area wajah.

    Namun, tetap yang utama adalah menjaga kebersihan helm. Rajin membersihkan helm akan membuat Anda semakin aman saat berkendara. Selain menjaga kebersihan helm, hindari penggunaan helm secara bergantian.

    Menggunakan helm secara bergantian dapat menyebabkan kuman yang menempel di kepala orang lain berpindah ke helm yang akan anda gunakan. Di masa seperti ini, cara pencegahan Covid-19 dengan langkah tersebut bahkan sangatlah penting.

  8. Menjaga Kebersihan motor sebagai pencegahan Covid-19

    Selain menjaga kebersihan diri sendiri, menjaga kebersihan motor juga perlu untuk dilakukan untuk memastikan Anda tetap aman saat berkendara. Cara membersihkan motor dapat dilakukan dengan menyemprotkan cairan pembersih dan kain lap.

    Baca Juga : Pentingnya Segitiga Pengaman Mobil untuk Keselamatan di Jalan

    Jika Anda memiliki waktu lebih, sebaiknya membersihkan motor dengan cara mencucinya dengan air mengalir dan sabun. Cucilah seluruh bagian motor Anda setelah selesai berkendara. Cara ini lebih ampuh untuk menghilangkan kuman yang menempel pada motor.

  9. Hindari Berkendara ke tempat ramai Ataupun zona Merah

    Di keadaan saat ini, sebaiknya Anda berkendara jika memang dibutuhkan atau dalam keadaan mendesak saja. Apabila tidak dalam keadaan penting, hindari berkendara terutama ke tempat yang ramai ataupun yang menjadi zona merah Covid-19.

    Bagi para pecinta motor, hindari touring dalam masa pandemi karena itu hanya akan membahayakan keadaan Anda. Menjaga diri dari keramaian merupakan salah satu hal yang penting untuk melindungi diri dari paparan Covid-19.

  10. Jangan Menyentuh area wajah secara langsung setelah berkendara

    Setelah berkendara, hindari menyentuh area wajah secara langsung. Anda harus mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh area wajah. Tingkatkan kesadaran Anda bahwa kebiasaan menyentuh wajah secara langsung terlalu sering tidak baik dan dapat berbahaya bagi diri Anda.

    Menyentuh area wajah saat berkendara dapat menyebabkan kuman yang menempel di tangan berpindah ke wajah. Bersihkan tangan dengan cara mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau jika tidak ada air gunakanlah hand sanitizer.

    Apabila tidak membawa hand sanitizer, mungkin Anda dapat menjadi tisu sebagai alternatif. Gunakan tisu basah untuk menghindari menyentuh wajah secara langsung.

    Tisu basah merupakan salah satu benda yang mudah didapatkan dan bisa dijadikan sebagai pengganti hand sanitizer atau saat tidak bisa cuci tangan. Untuk itu, alangkah baiknya Anda membawa tisu basah setiap bepergian.

    Rasa aman saat berkendara merupakan harapan semua orang. Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, rasa waspada harus lebih ditingkatkan untuk melindungi diri. Patuhi peraturan yang sudah diterapkan agar dapat membawa keselamatan bagi diri Anda.

    Sebenarnya simpel bukan cara pencegahan Covid-19 saat berkendara? Pastikan Anda sudah melakukan segala persiapan secara maksimal sebelum berkendara agar tetap aman. Mencegah paparan virus Covid-19 saat ini adalah tugas semua orang.

Berita Lainnya