Tips & Trik

Ini Arti Huruf dan Angka di Persneling Mobil Matic

PUBLISHED DATE : 26 November 2023

Ini Arti Huruf Dan Angka Di Persneling Mobil Matic

Kendaraan matic memiliki tuas persneling yang berbeda dengan kendaraan manual, dan mereka tidak memerlukan kopling. Ada beberapa angka dan huruf yang wajib Anda pahami ketika mengemudi mobil dengan transmisi otomatis. Huruf paling dasar adalah D, P, R hingga N. Kemudian ada juga angka dan simbol yaitu 1, 2, 3, + dan -. 

Artikel ini membahas arti dari huruf dan angka di persneling mobil otomatis, memberikan wawasan mendalam tentang cara sistem transmisi ini beroperasi:

  • P artinya Parking (Parkir)

Huruf "P" pada persneling mobil otomatis mengindikasikan posisi parkir. Saat mobil berada dalam posisi parkir, roda belakang terkunci sehingga mobil tidak dapat bergerak. 

Ini adalah posisi yang aman dan ideal ketika Anda mematikan mesin atau saat kendaraan tidak sedang digunakan. Pastikan Anda mengaktifkan mode ini apabila sedang berhenti berkendara ya. Supaya mobil tidak bergerak dan dapat memposisikan diri.

  • R artinya Reverse (Mundur)

Sebenarnya hampir sama dengan mobil manual, apabila Anda ingin mundur, maka tinggal mengarahkan tuas transmisi pada posisi R. Bedanya pada bagian pedal kopling saja.

Baca Juga : Saat Hujan Jangan Matikan AC Mobil! Ini Manfaatnya

Pada mobil matic, saat persneling mobil matic berada di posisi "R", mobil akan bergerak mundur apabila pengemudi menekan pedal gas. Ini digunakan untuk melakukan manuver mundur, seperti keluar dari tempat parkir atau mundur dari sebuah jalan.

  • N artinya Neutral (Netral)

Posisi "N" menandakan netral. Saat mobil dalam posisi netral, mesin tidak terhubung dengan transmisi, sehingga roda tidak terkunci. Ini memungkinkan mobil untuk bergerak bebas, tanpa mengirim tenaga ke roda.

Anda dapat menghidupkan mode ini apabila memilih berhenti sebentar dengan posisi mesin yang tidak dimatikan. Sementara Anda masih berada dalam balik kemudi untuk menunggu langkah berikutnya.

  • D artinya Drive (Maju):

Tentu Anda sudah tidak asing dengan persneling mobil matic mode ini bukan? Huruf "D" adalah mode drive, mengemudi, jalan atau maju. Ini adalah posisi yang paling sering digunakan saat mengemudi. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya