Tips & Trik

Ini Arti Huruf dan Angka di Persneling Mobil Matic

PUBLISHED DATE : 26 November 2023

Ini Arti Huruf Dan Angka Di Persneling Mobil Matic

Mobil dengan transmisi otomatis semakin populer di kalangan pengemudi modern karena kenyamanan dan kemudahan penggunaannya. Saat Anda melihat panel persneling mobil matic, Anda akan menemukan kombinasi huruf dan angka yang mungkin tampak membingungkan.

Tapi tenang saja, kebingungan ini bukan masalah yang berarti. Sebab, kode atau panel angka ini sebenarnya memiliki arti yang bisa Anda pahami dengan mudah. Supaya Anda dapat mengemudi dengan nyaman.

Kode Huruf dan Angka di Persneling Mobil Matic untuk Pemula

Mobil matic adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kendaraan bermotor dengan sistem transmisi otomatis. Sistem transmisi otomatis merupakan sistem yang memungkinkan kendaraan untuk mengganti gigi secara otomatis tanpa perlu campur tangan pengemudi. 

Kendaraan matic memiliki tuas persneling yang berbeda dengan kendaraan manual, dan mereka tidak memerlukan kopling. Ada beberapa angka dan huruf yang wajib Anda pahami ketika mengemudi mobil dengan transmisi otomatis. Huruf paling dasar adalah D, P, R hingga N. Kemudian ada juga angka dan simbol yaitu 1, 2, 3, + dan -. 

Artikel ini membahas arti dari huruf dan angka di persneling mobil otomatis, memberikan wawasan mendalam tentang cara sistem transmisi ini beroperasi:

  • P artinya Parking (Parkir)

Huruf "P" pada persneling mobil otomatis mengindikasikan posisi parkir. Saat mobil berada dalam posisi parkir, roda belakang terkunci sehingga mobil tidak dapat bergerak. 

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Cruise Control

Ini adalah posisi yang aman dan ideal ketika Anda mematikan mesin atau saat kendaraan tidak sedang digunakan. Pastikan Anda mengaktifkan mode ini apabila sedang berhenti berkendara ya. Supaya mobil tidak bergerak dan dapat memposisikan diri.

  • R artinya Reverse (Mundur)

Sebenarnya hampir sama dengan mobil manual, apabila Anda ingin mundur, maka tinggal mengarahkan tuas transmisi pada posisi R. Bedanya pada bagian pedal kopling saja.

Pada mobil matic, saat persneling mobil matic berada di posisi "R", mobil akan bergerak mundur apabila pengemudi menekan pedal gas. Ini digunakan untuk melakukan manuver mundur, seperti keluar dari tempat parkir atau mundur dari sebuah jalan.

  • N artinya Neutral (Netral)

Posisi "N" menandakan netral. Saat mobil dalam posisi netral, mesin tidak terhubung dengan transmisi, sehingga roda tidak terkunci. Ini memungkinkan mobil untuk bergerak bebas, tanpa mengirim tenaga ke roda.

Anda dapat menghidupkan mode ini apabila memilih berhenti sebentar dengan posisi mesin yang tidak dimatikan. Sementara Anda masih berada dalam balik kemudi untuk menunggu langkah berikutnya.

  • D artinya Drive (Maju):

Tentu Anda sudah tidak asing dengan persneling mobil matic mode ini bukan? Huruf "D" adalah mode drive, mengemudi, jalan atau maju. Ini adalah posisi yang paling sering digunakan saat mengemudi. 

Saat berada pada posisi "D", transmisi akan secara otomatis menggeser gigi agar kendaraan dapat bergerak maju. Anda dapat mengaktifkan mode ini apabila akan mulai berkendara.

Pada posisi ini pula, terdapat kode angka mulai 1 hingga 3. Anda bisa saja mengatur otomatis perpindahan gigi tersebut. Untuk angka 1, berarti Anda akan berjalan pada turunan yang curam, sehingga mobil tidak terlalu kencang.

Sementara jika Anda melewati tanjakan, posisikan pada angka 2 supaya kecepatannya sedang. Terakhir pada angka 3, Anda dapat mengemudi dengan kecepatan yang tinggi.

  • L atau 1, 2, 3: Low Gears (Gigi Rendah)

Beberapa mobil otomatis memiliki opsi gigi rendah, yang dapat dilambangkan dengan huruf "L" atau angka 1, 2, dan 3. Posisi ini digunakan ketika Anda ingin membatasi transmisi agar tetap berada di gigi rendah. 

Anda bisa menggunakan persneling mobil matic mode low gears ini saat melewati daerah dengan tanjakan atau turunan curam. Namun tentu saja sebelum mengaplikasikannya, pahami terlebih dahulu angka ini. Supaya lancar dalam mengendarai mobil.

  • S atau Sport

Beberapa mobil otomatis modern dilengkapi dengan mode "Sport" yang dapat dilambangkan dengan huruf "S". Mode ini dirancang untuk memberikan respons gas yang lebih langsung dan mempertahankan gigi lebih lama untuk memberikan pengalaman mengemudi yang lebih sporty.

Anda sebaiknya mengaktifkan mode ini apabila berkendara di jalan bebas hambatan seperti tol. Mengingat kecepatan yang dihasilkan juga cukup tinggi. Selain itu, penggunaannya biasanya hanya untuk tes drive pada mobil mewah. 

  • M atau Manual

Beberapa mobil otomatis memiliki mode "Manual" yang dapat dilambangkan dengan huruf "M". Mode ini memungkinkan pengemudi untuk secara manual menggeser gigi menggunakan tuas persneling atau paddle shifters di kemudi.

Namun demikian, tidak semua memiliki mode M ini. Beberapa produsen mobil matic mulai menonaktifkan modenya pada mobil keluaran terbaru mereka.

  • + dan -

Pada beberapa persneling, Anda mungkin melihat simbol + dan - di sekitar mode manual atau sport. Ini digunakan untuk menggeser gigi secara manual, dengan tombol + untuk naik ke gigi yang lebih tinggi dan tombol - untuk turun ke gigi yang lebih rendah.

  • Shift Lock

Baca Juga : Yuk Mengenal 4 Fungsi Flywheel, Si Roda Gila Pada Mobil

Beberapa mobil dengan transmisi ini memiliki fitur Shift Lock. Fungsinya adalah agar bisa melepas pengunci tuas transmisi. Sehingga nantinya bisa dipindahkan ke posisi N saat mesin sedang mati.

Selain itu, manfaat Shift Lock selanjutnya adalah ketika sedang parkir paralel. Mobil ini bisa digeser dengan cara didorong.

Selain keamanan, shift lock juga berfungsi sebagai pengingat untuk pengemudi agar selalu memastikan bahwa kendaraan berada dalam posisi "Park" sebelum keluar dari kendaraan. Hal ini mencegah kejadian di mana pengemudi keluar dari kendaraan tanpa menyadari bahwa persneling masih dalam posisi "Drive" atau "Reverse," yang dapat mengakibatkan kendaraan bergerak secara tiba-tiba.

Pentingnya Memahami Persneling Mobil Matic

Transmisi otomatis menggunakan rangkaian gigi yang dapat mengubah rasio daya antara mesin dan roda. Saat Anda memilih posisi "D" (Drive), transmisi akan secara otomatis menggeser gigi sesuai dengan kecepatan dan tuntutan pengemudi. Mode "Sport" atau "Manual" memberikan lebih banyak kontrol kepada pengemudi dalam pemilihan gigi.

Memahami arti dari huruf dan angka di persneling mobil otomatis sangat penting untuk keamanan dan kenyamanan pengemudi. Pemilihan posisi yang tepat sesuai dengan situasi berkendara akan memastikan performa yang optimal dan menghindari keausan yang tidak perlu pada komponen transmisi.

Untuk itu, penting untuk mempelajari terlebih dahulu angka dan huruf pada perseneling ini. Sebenarnya jika Anda telah menggunakan mobil transmisi manual, lebih mudah pemahamannya. Hanya ada beberapa hal yang harus dipelajari lebih lanjut untuk menguasai mobil mati.

Memahami arti huruf dan angka di persneling mobil otomatis memungkinkan pengemudi untuk mengoptimalkan penggunaan kendaraan mereka. Dengan pemilihan posisi yang tepat, Anda dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, menghindari keausan yang tidak perlu, dan meningkatkan keselamatan saat berkendara. 

Agar perjalananmu semakin menyenangkan, pahami dan ikuti setiap petunjuk di panel persneling mobil matic. Tidak yakin? Jangan khawatir, tanya saja pada mekanik andalanmu! Klik di sini untuk mengetahui lebih banyak tentang layanan servis yang bisa membuat mobilmu selalu siap melaju dengan sempurna.

Berita Lainnya