Tips & Trik

Langkah Yang Perlu Dilakukan Setelah Mobil Lakukan Perjalanan Jauh

PUBLISHED DATE : 01 Desember 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Langkah_Yang_Perlu_Dilakukan_Setelah_Mobil_Lakukan_Perjalanan_Jauh.jpg

Libur panjang biasa digunakan oleh banyak orang untuk melancong atau melakukan perjalanan jauh. Salah satu pilihannya sudah pasti memakai mobil untuk menempuh jarak ratusan kilometer.   Dengan jarak yang sangat jauh tersebut bukan tidak mungkin kondisi mobil menjadi tidak lagi prima setelah perjalan dan kita perlu melakukan beberapa langkah untuk menjadikannya kembali prima dan siap dipakai untuk kegiatan sehari-hari.

Apa saja langkah-langkah tersebut?

Bersihkan Eksterior dan Interior

Baca Juga : Ternyata Segini Estimasi Biaya Tune Up Mobil di Bengkel

Lumpur, debu, dan noda yang menempel harus segera dibersihkan dari permukaan eksterior mobil. Lalu dilanjutkan dengan membersihkan bagian interior yang biasanya banyak ditemui kotoran dan sampah, seperti sisa remah makanan, bungkus makanan atau sampah-sampah lainnya.

Cek Kondisi Cairan Radiator dan Oli

Cek kondisi oli mesin, transmisi dan gardan. Tidak ada salahnya jika kita melakukan penggantian oli lebih awal apalagi jika mobil yang kita miliki sudah berumur. Cek juga kondisi coolant pada radiator dan segera lakukan penggantian jika memang sudah tidak baik lagi kondisinya.

Baca Juga : Jangan Anggap Remeh! Ini Fungsi dan Manfaat Alarm Mobil

Cek Ban dan Kaki-kaki

Kaki-kaki seperti tie road, sokbreker dan bagian lainnya dari kaki-kaki menjadi bagian yang wajib dicek. Apalagi jika diketahui bahwa mobil sering melintasi lubang di jalanan rusak selama perjalanan. Setelahnya, pastikan kondisi ban juga dalam keadaan baik.

Cek Busi dan Saringan Udara

Baca Juga : Water Jacket: Fungsi dan Penyebab Kerusakannya

Dua peranti itu memang tampaknya sepele. Tapi ingat, selain busi bisa mengalami penurunan kemampuan seiring dengan usia pemakaian, kinerjanya bisa juga turun karena mobil digunakan dalam jangka waktu lama atau menghadapi jalanan macet selama berjam-jam.

Itulah sebabnya sebaiknya kita mengganti busi itu supaya performa mesin tetap prima. Sedangkan untuk saringan udara cukup dibersihkan atau jika ingin lebih maksimal bisa diganti dengan yang baru.

Cek kondisi AC

Perangkat AC adalah perangkat kenyamanan yang tiak bisa lagi ditawar keberadaannya saat ini. Mengecek kondisi AC setelah perjalanan jauh menjadi suatu keharusan agar perangkat ini tetap bisa berfungsi optimal.

Itulah beberapa langkah yang sebaiknya kita lakukan setelah mobil melakukan perjalanan jauh. Semoga bermanfaat!

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya