Tips & Trik

Ini Arti Huruf dan Angka di Persneling Mobil Matic

PUBLISHED DATE : 26 November 2023

Ini Arti Huruf Dan Angka Di Persneling Mobil Matic

Saat berada pada posisi "D", transmisi akan secara otomatis menggeser gigi agar kendaraan dapat bergerak maju. Anda dapat mengaktifkan mode ini apabila akan mulai berkendara.

Pada posisi ini pula, terdapat kode angka mulai 1 hingga 3. Anda bisa saja mengatur otomatis perpindahan gigi tersebut. Untuk angka 1, berarti Anda akan berjalan pada turunan yang curam, sehingga mobil tidak terlalu kencang.

Sementara jika Anda melewati tanjakan, posisikan pada angka 2 supaya kecepatannya sedang. Terakhir pada angka 3, Anda dapat mengemudi dengan kecepatan yang tinggi.

  • L atau 1, 2, 3: Low Gears (Gigi Rendah)

Beberapa mobil otomatis memiliki opsi gigi rendah, yang dapat dilambangkan dengan huruf "L" atau angka 1, 2, dan 3. Posisi ini digunakan ketika Anda ingin membatasi transmisi agar tetap berada di gigi rendah. 

Anda bisa menggunakan persneling mobil matic mode low gears ini saat melewati daerah dengan tanjakan atau turunan curam. Namun tentu saja sebelum mengaplikasikannya, pahami terlebih dahulu angka ini. Supaya lancar dalam mengendarai mobil.

  • S atau Sport

Baca Juga : Penyebab Aki Mobil Tekor dan Cara Mengatasinya

Beberapa mobil otomatis modern dilengkapi dengan mode "Sport" yang dapat dilambangkan dengan huruf "S". Mode ini dirancang untuk memberikan respons gas yang lebih langsung dan mempertahankan gigi lebih lama untuk memberikan pengalaman mengemudi yang lebih sporty.

Anda sebaiknya mengaktifkan mode ini apabila berkendara di jalan bebas hambatan seperti tol. Mengingat kecepatan yang dihasilkan juga cukup tinggi. Selain itu, penggunaannya biasanya hanya untuk tes drive pada mobil mewah. 

  • M atau Manual

Beberapa mobil otomatis memiliki mode "Manual" yang dapat dilambangkan dengan huruf "M". Mode ini memungkinkan pengemudi untuk secara manual menggeser gigi menggunakan tuas persneling atau paddle shifters di kemudi.

Namun demikian, tidak semua memiliki mode M ini. Beberapa produsen mobil matic mulai menonaktifkan modenya pada mobil keluaran terbaru mereka.

  • + dan -

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya