Tips & Trik

Hindari Hal-Hal Berikut yang Bisa Menyebabkan Mobil Terbakar

PUBLISHED DATE : 09 November 2021

118564003 S

Begitu juga dengan komponen lain yang dimodifikasi seperti sistem audio yang besar dan memakan lebih banyak listrik. Banyak modifikasi mobil yang ternyata berbahaya dan harus diwaspadai oleh pemilik kendaraan yang efeknya bukan hanya kebakaran tetapi juga kecelakaan. 

Setiap mobil sudah memiliki desain yang standar dari pabrikan serta melalui tahapan uji coba. Mengubah standar tersebut memberikan efek samping yang berbahaya dan membuat kegagalan pada sistem. Oleh karena itu lebih baik untuk berpikir ulang sebelum modifikasi. 

  • Kecelakaan Lalu Lintas

Banyak sekali kejadian kecelakaan lalu lintas yang berujung pada terjadinya kebakaran. Hal ini sangat wajar karena pada saat kecelakaan ada banyak komponen mobil yang mengalami kerusakan. 

Contohnya saja tangki bensin mengalami kebocoran dan akhirnya bahan bakar keluar. Sangat berbahaya ketika bahan bakar keluar dan terkena percikan api dari mesin atau listrik. Kebakaran pun tak dapat terhindari lagi. 

Menghindari kecelakaan lalu lintas, Anda harus mengemudi dengan hati-hati. Lebih baik juga memilih mobil yang sudah memiliki sistem keamanan. Contohnya tersedia fitur Anti Lock Braking System (ABS), airbag dan Electronic Brake Distribution (EBD).

136914273_s

Baca Juga : Walau Mungil, Ini Fungsi Tutup Radiator dan Cara Kerjanya

Cara Mengatasi Mobil Mengalami Kebakaran

Setelah mengetahui penyebab mobil terbakar, Anda perlu tahu bagaimana cara untuk mengatasinya. Berikut ini dua cara tepat yang bisa dilakukan. 

  • Menyediakan Tabung APAR

Cara pertama yaitu dengan siap sedia tabung APAR pada mobil. Jika Anda masih memiliki mobil lama, maka harus membeli dan letakkan pada area yang mudah dijangkau oleh pengemudi. 

  • Melakukan Perawatan Mobil Rutin

Baik itu kebocoran tangki bensin atau oli, kerusakan sistem pendingin dan korsleting dapat dideteksi secara dini jika Anda melakukan perawatan dengan rutin. Masalah tersebut pun dapat diperbaiki sehingga mobil terhindar dari masalah kebakaran. 

Banyak pemilik kendaraan yang saat ini masih lalai dalam urusan servis seperti rutin ganti oli atau tune up. Padahal resiko yang didapatkan jauh lebih besar termasuk mengeluarkan biaya perbaikan. 

Perawatan rutin sendiri bisa Anda lakukan di bengkel Suzuki resmi terdekat. Semua penyebab mobil terbakar akan dicek oleh teknisi yang profesional dengan alat lengkap. Anda jadi lebih aman berkendara ke mana saja. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya