Tips & Trik

Hindari Hal-Hal Berikut yang Bisa Menyebabkan Mobil Terbakar

PUBLISHED DATE : 09 November 2021

118564003 S

Apakah Anda pernah merasakan mesin terlalu panas bahkan keluar asap dari kap mesin? Hati-hati, jika dibiarkan maka bisa terjadi kebakaran. Pembakaran yang terjadi pada mesin yang tidak diredam dengan baik akan menimbulkan masalah overheat. 

Penyebab overheat sendiri sangat beragam seperti sistem pendingin yang rusak atau karena kualitas oli buruk. Oli tak hanya bekerja melumasi pergerakan mesin namun juga meredam panas yang ditimbulkan akibat gesekan. 

Jika mobil mengalami overheat sebaiknya segeralah menepi dan matikan mesin. Buka kap mesin agar sirkulasi udara lebih lancar dan mesin menjadi lebih dingin. Baru setelah itu Anda bisa mengecek apakah terjadi kebocoran atau masalah lainnya. 

Meneruskan perjalanan dengan mobil yang overheat sangat berbahaya. Banyak komponen mesin akan mengalami kerusakan dan paling berbahaya mobil akan terbakar. 

  • Kebocoran BBM dan Tutup Oli

Bahan bakar dan oli adalah jenis material yang mudah terbakar. Kebocoran membuat kedua material ini sangat mudah mengenai bagian mesin yang panas. Masalah inilah yang akan memicu kebakaran pada mobil. 

Baca Juga : Langsung Nyalakan AC Saat Masuk Mobil Berbahaya. Benarkah?

Bocornya tangki bensin harus dihindari sehingga bensin tidak mengenai sistem kelistrikan yang memercikkan api. Begitu juga dengan oli, kebocoran seringkali terjadi hanya karena Anda lupa memasang tutup oli dengan benar. 

Tutup oli yang kendur berpotensi membuat oli keluar karena getaran dari mobil. Oli pun akan mengenai mesin yang panas dan menciptakan kebakaran. Disamping itu oli juga akan menimbulkan kerak pada mesin yang memicu timbulnya karat. 

  • Melakukan Modifikasi yang Berlebihan

Penggemar modifikasi mobil tentu tak hanya merubah tampilan luar dari mobil tetapi juga mesin. Perubahan yang terjadi ini juga bisa menjadi penyebab mobil terbakar. 

Contohnya saja pada bagian bohlam headlamp dan foglamp yang diganti dengan watt lebih besar. 

Penggantian yang tidak sesuai standar tersebut bisa menimbulkan keberatan suplai daya dan menimbulkan kebakaran. Watt yang terlalu besar akan membuat aki terkuras dan memicu munculnya panas berlebih. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya