Tips & Trik

Harus Waspada, Ini Akibat Telat Ganti Oli Motor Kamu

PUBLISHED DATE : 15 Desember 2021

137946683 S

Jika kamu membiarkan oli yang buruk tetap digunakan, maka semua masalah di atas akan muncul. 

123248183_s

Ciri-Ciri Motor Sudah Harus Ganti Oli

Biasanya setiap bengkel resmi akan memberikan stiker berisi km motor harus servis ulang sekaligus ganti oli. Berpatokan dengan angka km tersebut adalah cara mudah untuk mengetahui kapan motor harus ganti oli. 

Namun ada kalanya kamu harus mengetahui ciri-ciri lainnya dari motor yang perlu ganti oli. Berikut ini beberapa ciri yang bisa diperhatikan. 

  • Suara Mesin Menjadi Kasar 

Ciri pertama yang mudah untuk dikenali adalah munculnya suara kasar dari arah mesin. Hal tersebut disebabkan volume oli berkurang dan terlalu encer.  Selain suara yang kasar, kamu juga akan merasakan tarikan menjadi berat.

Kendaraan pun tidak dapat melaju dengan lebih kencang seperti biasanya. Inilah yang menjadi waktu tepat untuk mengganti oli. 

  • Warna Oli Menjadi Hitam

Baca Juga : Motor Matic Tidak Bisa Distarter? Ini Solusinya!

Apabila kamu ingin mengecek secara pasti bahwa kualitas oli sudah tidak layak pakai, bisa membuka baut pada bagian pembuangan oli. Cek apakah oli yang keluar berwarna hitam dan juga encer. 

Warna hitam pada oli ini disebabkan kerak dari sisa pembakaran bercampur dengan oli. Bentuk cairannya pun akan sangat encer dan sudah tidak bisa digunakan kembali. Seharusnya warna oli adalah kuning atau biru yang transparan dan kental. 

  • Mesin Cepat Panas

Ciri lainnya yang juga mudah diperhatikan adalah mesin jadi terasa cepat panas. Padahal kamu baru menggunakannya dalam beberapa menit atau baru memanaskannya saja. 

Hawa panas ini akan terasa pada bagian kaki ketika berkendara dan cukup mengganggu perjalanan. Jangan tunda lagi jika tanda ini sudah muncul karena bisa mengakibatkan mesin mati mendadak. 

Cukup memperhatikan ciri ini dan melakukan tindakan pencegahan, maka akibat telat ganti oli motor pun tidak akan kamu alami. Selain itu pada saat mengganti oli, pastikan kamu  menggunakan jenis oli yang disarankan bengkel resmi. 

Hindari menggunakan oli yang ditawarkan dengan harga murah, karena kualitasnya tentu tidak sebanding. Waspada juga penggunaan oli bekas yang justru akan mempercepat kerusakan mesin. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya