Tips & Trik

Fungsi Per Cvt Pada Motor Matic & Tanda Kerusakannya

PUBLISHED DATE : 12 Januari 2022

173035013 S

Biasanya ada beberapa tanda yang bisa dikenali sejak awal demi mencegah kerusakan lebih jauh dengan memperbaikinya. Tidak seperti motor bebek biasa, motor matic justru membutuhkan perawatan yang lebih ekstra. 

Tanpa servis rutin dan penggunaan yang benar, tanda kerusakan pada per CVT  akan segera Anda rasakan. 

  1. Akselerasi Motor Tersendat

Terbiasa berakselerasi di jalanan tapi tiba-tiba terasa tersendat-sendat? Bisa jadi ini awal gejala kerusakan pada CVT. Bahkan Anda bisa merasakannya ketika motor berada di RPM putaran rendah. 

Biasanya jika gejala ini yang Anda rasakan, seringkali kerusakan terjadi pada mangkuk kopling. centrifugal (clutch housing). Kerusakan bisa terjadi karena permukaan area kontak mangkuk dengan kanvas kopling tidak rata.

Efeknya daya cengkram dari kanvas kopling sentrifugal tidak optimal dalam mengikat clutch housing. Apabila kerusakan benar terjadi pada permukaan mangkuk dan kanvas kopling tidak rata solusinya adalah penggantian komponen baru.

    2. Roller Mengalami Kerusakan

Baca Juga : Ini Dia Cara Tambal Ban Tubeless Yang Efektif

Penyebab yang paling sering terjadi rusaknya per CVT justru karena Anda tidak mengganti roller. Fungsi utama dari roller adalah memberikan tekanan pada rumah roller atau puli. Tekanan inilah yang membuat puli dapat bergerak. 

Padahal bengkel resmi selalu menyarankan pemilik kendaraan untuk mengganti roller di km sekitar 20.000 hingga 24.000 maksimal. Roller yang sudah aus karena pemakaian akan menimbulkan getaran lebih keras. 

Anda pun akan mendengar suara gemeretak dari bagian dalam CVT. Khususnya saat motor dalam kondisi berhenti kemudian berakselerasi. Efek lainnya adalah putaran mesin akan tertahan ketika Anda berada di top speed. 

Solusinya adalah rutin mengganti roller ini sesuai dengan anjuran bengkel. Anda yang sudah mendengar suara gemeretak dari dalam CVT juga harus segera bergegas ke bengkel untuk mengganti roller. 

    3. Rumah Roller yang Penyok

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya