Tips & Trik

Bearing Roda Motor Rusak? Segera Ganti agar Tak Merembet Kemana-mana

PUBLISHED DATE : 03 September 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Bearing-Roda-Motor-Rusak-Segera-Ganti-agar-Tak-Merembet-Kemana-mana.jpg

Pernahkah Anda merasakan gejala goyang atau geal-geol pada roda sepeda motor? Tanda atau gejala seperti itu mungkin berarti bearing pada roda sepeda motor yang Anda miliki sudah mulai mengalami kerusakan. JIka sudah terasa seperti itu sebaiknya jangan didiamkan saja dan, segera bawa ke bengkel untuk dicek dan melakukan penggantian dengan bearing baru.

Kenapa harus segera diganti?

Jika kondisi bearing yang sudah rusak tersebut Anda biarkan bukan tidak mungkin justru bisa  merembet dan mengakibatkan kerusakan ke komponen lain sepeda motor. Salah satu komponen yang berisiko ikut rusak saat bearing sudah rusak adalah tromol. Kenapa tromol?  Karena sewaktu roda mulai goyang, posisinya tak akan sesuai dengan posisi rem yang seharusnya tetap lurus. 

Baca Juga : 10 Tips Membeli Motor Bekas agar Tidak Kecewa

Posisi yang tidak simetris inilah yang bisa menyebabkan kerusakan pada part tromol. Penjelasan singkatnya, saat rem dipakai, kampas rem cuma akan menggigit tromol di satu bagian saja. Nah, dampaknya permukaan tromol jadi bergelombang dan akhirnya ikut rusak.. 

Biaya Servis Jadi Membengkak

Kalau kita acuh dengan gejala bearing rusak sampai tromol ikutan rusak, biaya yang akan Anda keluarkan untuk mengganti tromol lumayan menguras dompet. Rata-rata harga tromol saat ini adalah sekitar Rp 150 ribu hingga 200 ribu. Padahal kalau kita hanya mengganti bearing, biasanya harga bearing hanya Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu. 

Baca Juga : Jarang Dipakai, Bolehkah Motor Dinyalakan Pakai “Electric Starter”?

Tidak hanya tromol, komponen yang bisa ikut rusak karena bearing yang rusak adalah gir dan rantai yang menjadi cepat aus. Ban dan suspensi juga bisa kena imbas bearing rusak yang tidak segera diganti.

Jadi jangan malas mengganti bearing yang rusak agar biaya yang Anda keluarkan tidak membengkak. Jangan lupa juga untuk melakukan servis rutin di bengkel resmi Suzuki agar sepeda motor Anda selalu dalam kondisi prima.  

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa)

Baca Juga : Ternyata Ini Fungsi dan Komponen Armature Pada Motor

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya