Tips & Trik

Fungsi Lampu Tembak Mobil dan Etika Menggunakannya

PUBLISHED DATE : 05 Mei 2021

Scross1

Pertama adalah ketika mobil lain dari arah berlawanan tersebut menyalakan lampu jauh atau lampu dim terus menerus. Anda sebagai pengemudi pasti akan sangat terganggu, terlebih ketika sedang mengendarai di malam hari. 

Oleh karena itu Anda bisa menyalakan lampu jauh beberapa kali dalam waktu singkat sebagai kode agar pengemudi tersebut mematikan lampu jarak jauhnya. Kedua adalah ketika Anda hendak menyalip kendaraan di depan. 

Menyalakan lampu beberapa kali menjadi pertanda bagi mobil yang ada di depan atau hendak disalip. Ketika Anda menyalakan lampu maka akan terlihat dari kaca spion mereka. Selain itu kode juga akan diberikan pada kendaraan dari arah berlawanan. 

Kendaraan tersebut akan mengetahui bahwa Anda berencana mengambil sedikit lajur jalan mereka sehingga pengemudi tersebut akan memberikan jalan. 

    2. Nyalakan saat Jalanan Sepi

Waktu yang tepat untuk menyalakan lampu jauh adalah ketika Anda sedang melintas di jalanan yang sepi. Baik itu di jalan perkotaan, pedesaan, hingga pegunungan sekalipun jalanan sepi adalah tempat yang tepat apalagi di malam hari. 

Anda tidak akan mengganggu pengemudi lain khususnya yang dari arah berlawanan. Dengan begitu Anda bisa melihat jalanan dengan jarak yang lebih jauh dan tidak masalah jika ingin menambah kecepatan. 

    3. Nyalakan saat Melalui Titik Blind Spot

Baca Juga : Awas, Ini Efek Jika Oli Gardan Mobil Tidak Diganti Berkala

Jalanan di Indonesia masih banyak yang memiliki tikungan tajam. Pengemudi harus lebih berhati-hati pada titik blind spot sehingga harus mengurangi kecepatan agar tidak tergelincir. Lebih parah lagi jika terjadi kecelakaan karena kendaraan yang melaju cepat dari arah berlawanan. 

Menyalakan lampu dim ketika melewati titik blind spot ini adalah etika yang tepat. Anda akan memberikan kode kepada pengemudi dari arah berlawanan. Dengan begitu tak perlu takut lagi terjadi kecelakaan. 

Begitu pentingnya peranan lampu tembak pada mobil membuat Anda harus memberikan perawatan lebih. Diperlukan perawatan secara berkala pada saat servis. Lampu harus dicek apakah masih berfungsi dengan baik. 

Pengecekan secara berkala ini bisa Anda lakukan langsung di bengkel resmi Suzuki terdekat



Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Pemutihan Pajak

Ketahui Apa Itu Pemutihan Pajak

Bingung dengan istilah "pemutihan pajak kendaraan"? Jangan khawatir, artikel ini akan menjelaskannya untuk Anda. Pemutihan pajak kendaraan adalah program khusus yang ditawarkan pem...

selengkapnya