Tips & Trik

Fungsi Lampu Tembak Mobil dan Etika Menggunakannya

PUBLISHED DATE : 05 Mei 2021

Scross1

Kondisi ini tentu sangat mengganggu pandangan pengemudi dan risiko terjadinya kecelakaan sangat tinggi. Anda tidak bisa melihat kendaraan dari jarak satu meter dan itu sangat membahayakan. Oleh karena itu lampu jauh akan sangatlah berguna jika dinyalakan. 

Setidaknya pandangan dalam satu meter ke depan akan terlihat lebih jelas. Apakah terdapat pohon, kendaraan lain bahkan orang yang sedang menyeberang. 

    3. Menjadi kode saat menyalip dan berbelok

Fungsi selanjutnya yang sangat krusial adalah menjadi tanda atau kode saat berkendara. Jika tadi dijelaskan digunakan untuk penanda saat menyalip, lampu tembak juga digunakan saat pengemudi hendak berbelok. 

Ketika mau belok dan kondisi jalan ramai Anda harus menyalakan lampu jauh. Caranya adalah dengan menyalakan sebentar berbarengan dengan low beam. Maka pengemudi lain akan melihat cahaya seperti kilatan dari mobil yang menyilaukan.Kode ini menjadi tanda bahwa Anda akan menyebrangi jalan dan meminta pengemudi lain utnuk berhenti dan memberikan jalan. Dengan begitu tidak akan terjadi kecelakaan walaupun Anda sudah menyalakan lampu sein.

lampu_tembak_mobil

Etika Menggunakan Lampu Tembak saat Berkendara 

Baca Juga : Seperti Ini Teknik Mengerem Mendadak Tanpa Ngesot

Fungsi dari lampu jauh harus selalu diingat oleh para pengemudi mobil. Anda juga harus mengetahui etika yang benar saat berkendara. Karena ketika lampu ini dinyalakan terus menerus dalam kondisi jalan yang ramai atau padat, akan mengganggu pengemudi lainnya. 

Pengemudi yang berada di arah berlawanan akan terganggu pandangannya. Khususnya bagi pengendara yang memiliki mata silinder akan merasakan silau sangat intens. Otomatis pengemudi dengan gangguan silinder akan menutup matanya. 

Hanya karena salah dalam menyalakan lampu tembak, Anda akan memicu terjadinya kecelakaan. Etika saat menggunakan lampu jauh bukan hanya terhindar dari kecelakaan saja. Manfaat dari etika ini menandakan Anda sopan terhadap pengendara lainnya.

Polusi cahaya juga akan berkurang dan Anda akan terhindari dari orang lain yang marah karena merasakan silau. Seperti apa etika menggunakan lampu jauh pada mobil? Berikut ini yang bisa Anda ikuti. 

    1. Nyalakan saat Hendak Berpapasan

Etika pertama yang wajib diperhatikan adalah ketika Anda menjalankannya saat berpapasan dengan mobil dari arah berlawanan. Ada beberapa pilihan waktu yang tepat untuk menyalakannya. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya