Tips & Trik

Fungsi Lampu Tanda Belok: Rangkaian & Komponennya

PUBLISHED DATE : 04 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/6__New_Ertiga_(1).jpg

Jenis lampu yang digunakan untuk kendaraan bukan hanya lampu depan tetapi juga lampu sein yang fungsinya sangat vital. Semua pengemudi mobil harus bisa jika diminta jelaskan fungsi lampu tanda belok ini agar tidak salah penggunaannya. 

Lampu yang juga sering disebut dengan lampu riting atau lampu tanda belok ini berada di bagian sisi kanan kiri dan depan belakang kendaraan. Khusus mobil, rangkaian lampu tanda belok cukup bervariasi. 

Nah, supaya Anda tidak bingung ketika harus menjelaskan fungsi sampai dengan komponen lampu sein, bisa mempelajarinya pada artikel kali ini. 

Baca Juga : Tips Lap Microfiber Tetap Awet Untuk Digunakan Membersihkan Mobil

Apa Saja Fungsi Lampu Tanda Belok?

Setiap lampu yang dipasang pada mobil tidak hanya berfungsi sebagai penerangan saja. Salah satunya adalah lampu sein yang secara umum fungsinya adalah untuk memberikan tanda bagi pengendara di depan dan belakang. 

Lampu ini hanya dinyalakan ketika mobil hendak berbelok ke kanan dan ke kiri. Nyala lampunya juga berkedip sehingga mudah untuk langsung dikenali. 

Baca Juga : Mengenal Fogging Mobil, Fungsi Serta Manfaatnya

Apabila ada pertanyaan ‘jelaskan fungsi lampu tanda belok’ Anda tidak perlu bingung menjawabnya. Cek di halaman berikutnya untuk tahu apa fungsi lampu sein.

______________________________________________________________________________________________

  • Lampu Sein Berfungsi sebagai Isyarat Berbelok 

Fungsi yang pertama dan sudah dikenali secara umum adalah sebagai penanda atau isyarat bahwa sebuah kendaraan hendak berbelok, balik arah sehingga pengendara lain akan mengetahuinya. 

Baca Juga : Ganti Oli Mobil Berapa Km? Ini Tandanya Perlu Diganti

Menyalakan lampu sein sebaiknya beberapa menit ketika Anda hendak mendekati tempat belok atau berbalik arah. Cukup dengan menyalakan lampu sein, Anda bisa mengurangi resiko kecelakaan di jalan. 

  1.  Lampu Sein Berfungsi sebagai Isyarat Menyalip 

Fungsi yang selanjutnya juga masih sama yaitu sebagai isyarat hanya saja ketika Anda ingin menyalip kendaraan di depan. Isyarat ini nantinya akan diterima oleh pengendara di depan melalui kaca spion. 

Tidak hanya itu tetapi juga kendaraan di depan dan berlawanan arah. Ketika Anda hendak menyalip maka kendaraan yang melihat lampu sein menyala dapat mengurangi kecepatan dan memberikan ruang agar Anda bisa mendahului. 


    2. Lampu Sein Berfungsi sebagai Isyarat Jalan Sempit 

Ada satu lagi fungsi yang masih saja sering dilupakan yaitu isyarat bagi pengendara dari berlawanan arah. Fungsi yang kedua ini biasanya akan diterapkan ketika Anda berada di jalanan sempit. 

Apa tujuannya sebagai isyarat di jalanan sempit, cek di halaman berikutnya.

______________________________________________________________________________________________

Tujuannya untuk memberitahukan kepada pengemudi dari lawan arah agar pengendara tersebut keluar dari jalur yang sedang Anda lewati. Sehingga meskipun sedang berada di jalanan sempit Anda dan pengendara lawan arah tetap bisa mendapatkan jalan. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya