Tips & Trik

Fungsi Brush Pada Motor Starter

PUBLISHED DATE : 11 September 2023

Suzuki Avenis

Apa fungsi brush pada motor starter? Fungsi brush motor starter untuk mengalirkan aliran listrik dari field coil ke armature coil, kemudian ke komutator, dan akhirnya ke massa. Brush adalah komponen yang sangat penting. 

Fungsi armature pada starter motor untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik, menciptakan torsi untuk memutar mesin bakar internal, menggerakkan gigi starter, dan melepaskannya setelah mesin berjalan. 

Sedangkan fungsi field coil pada motor starter menciptakan medan magnet yang menggerakkan armature, memungkinkan torsi untuk memulai mesin bakar internal atau peralatan.

Jika diabaikan, motor starter akan mengalami kesulitan dalam menyala atau bahkan tidak dapat dihidupkan sama sekali. 

Brush pada motor starter terbuat dari tembaga lembut dan karbon yang dapat aus seiring waktu karena brush akan bersentuhan dengan komutator yang berputar. 

Baca Juga : 4 Tips Merawat Rem Mobil Agar Semakin Awet

Sebaiknya, jika harus memilih, lebih baik brush yang aus daripada komutator, karena harga brush starter motor lebih ekonomis daripada mengganti komutator yang aus.

Apa fungsi carbon brush pada starter motor? Brush pada motor starter ditempatkan di bagian utama motor dengan rangkaian sikat yang berfungsi sebagai penghubung aliran listrik menuju konduktor dinamis melalui konduktor statis. 

Dengan kata lain, brush mengalirkan arus listrik dari terminal 50 ke armature coil

Berapa jumlah brush pada starter motor pada umumnya? Terdapat dua jenis brush yang terdapat pada motor starter, brush positif sebanyak 2 buah, dan begitu juga dengan brush negatif yang juga sebanyak 2 buah.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya