Tips & Trik

Fungsi Brush Pada Motor Starter

PUBLISHED DATE : 11 September 2023

Suzuki Avenis

Dampak dari brush yang aus ketika bersentuhan dengan komutator adalah peningkatan tahanan yang menghambat kinerja. Akibatnya, aliran listrik tidak mencapai kondisi maksimal, yang berdampak pada kinerja putaran mesin yang kurang optimal.

Apa penyebab brush pada motor starter sering mengalami keausan? Ada beberapa penyebab utama kenapa Carbon Brush cepat habis:

  1. Kualitas bahan yang kurang baik, yang membuat brush cepat panas dan bahkan mudah terbakar akibat gesekan ekstrim.
  2. Penggunaan mesin yang berlebihan, dipaksa terlalu lama, dan penggunaan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan brush cepat aus.

Dampak Brush yang Aus

Setelah memahami fungsi brush ini, penting juga untuk memahami dampak yang timbul ketika brush mengalami keausan. Hal ini sangat penting untuk mencegah potensi kerusakan. 

Ketika brush aus, hasilnya adalah penggabungannya dengan komutator yang tidak optimal.

Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tahanan yang mengurangi efisiensi penghantaran listrik. Aliran listrik yang tidak mencapai tingkat maksimum dapat mengganggu kinerja putaran mesin, bahkan mungkin membuat mobil kesulitan untuk dinyalakan.

Bagaimana Brush Bekerja dalam Motor Starter?

Baca Juga : Ini Bagian Motor yang Mudah Berkarat

Berikut adalah cara kerja brush sebagai salah satu komponen motor starter:

  • Menghubungkan ke Sumber Daya: Saat memutar kunci untuk menghidupkan mesin, arus listrik dari baterai kendaraan dialirkan ke motor starter.
  • Melintasi Komutator: Brush kemudian mendorong arus listrik melintasi komutator. Komutator adalah cincin berputar yang terhubung dengan rotor motor starter.
  • Menciptakan Kontak Listrik: Ketika brush menyentuh komutator, akan menciptakan kontak listrik yang stabil. Ini memungkinkan arus listrik mengalir dari baterai melalui brush ke komutator, dan kemudian ke rotor motor starter.
  • Menghasilkan Putaran: Arus listrik yang mengalir melalui rotor motor starter menghasilkan gaya elektromagnetik yang menyebabkan rotor berputar. Putaran ini menggerakkan gigi-gigi starter yang kemudian menghubungkan mesin kendaraan.
  • Mesin Hidup: Dengan putaran yang cukup, mesin kendaraan mulai berfungsi, dan brush motor starter memainkan peran penting dalam proses ini.

Kapan carbon brush perlu diganti? Mengganti brush motor starter atau sikat starter adalah bagian dari perawatan yang penting untuk menjaga kinerja motor. 

Waktu yang tepat untuk mengganti brush motor tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis motor, frekuensi penggunaan, dan kondisi kerja. 

1. Ukuran Brush

Jika brush starter sudah terlalu pendek dan hanya menyisakan sedikit material, adalah tanda bahwa sudah saatnya untuk mengganti brush

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Sasis Pada Motor Tabung

Kelebihan Sasis Pada Motor Tabung!

Sasis, sering disebut sebagai "rangka" dalam bahasa sehari-hari, adalah elemen inti yang membentuk struktur dasar sebuah sepeda motor. Pentingnya sasis dalam dunia otomotif tak dap...

selengkapnya
Image009

Aman & Nyaman Berkendara

1. BAHAYA BANJIR Fenomena banjir, terutama saat musim penghujan memang masih kerap terjadi di beberapa jalanan kota di Indonesia. Hal ini tentunya tidak bisa kita hindari namun pe...

selengkapnya