Tips & Trik

Fungsi Brush Pada Motor Starter

PUBLISHED DATE : 11 September 2023

Suzuki Avenis

Ketika memutar kunci motor untuk menghidupkan mesin, ada proses yang sangat penting yang terjadi di pada mesin motor. Salah satu komponen kunci dalam proses tersebut adalah brush pada motor starter.

Nah, pada artikel kali ini akan membahas mengenai peran penting dan fungsi brush pada motor starter dalam menjalankan mesin. Selain itu juga bagaimana brush berfungsi sebagai penggerak awal mesin kendaraan bermotor.

Apa Itu Brush pada Motor Starter?

Brush motor starter merupakan komponen mesin motor yang kecil namun memiliki peran yang sangat penting. Brush terbuat dari bahan konduktif, seperti karbon bahan padat lainnya. 

Brush ini ditempatkan di dalam motor starter dan berfungsi sebagai penghubung arus listrik dari sumber daya ke komutator motor starter.

Fungsi Brush pada Motor Starter

Apa fungsi brush pada motor starter? Fungsi brush motor starter untuk mengalirkan aliran listrik dari field coil ke armature coil, kemudian ke komutator, dan akhirnya ke massa. Brush adalah komponen yang sangat penting. 

Fungsi armature pada starter motor untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik, menciptakan torsi untuk memutar mesin bakar internal, menggerakkan gigi starter, dan melepaskannya setelah mesin berjalan. 

Sedangkan fungsi field coil pada motor starter menciptakan medan magnet yang menggerakkan armature, memungkinkan torsi untuk memulai mesin bakar internal atau peralatan.

Baca Juga : 7 Komponen Motor yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik

Jika diabaikan, motor starter akan mengalami kesulitan dalam menyala atau bahkan tidak dapat dihidupkan sama sekali. 

Brush pada motor starter terbuat dari tembaga lembut dan karbon yang dapat aus seiring waktu karena brush akan bersentuhan dengan komutator yang berputar. 

Sebaiknya, jika harus memilih, lebih baik brush yang aus daripada komutator, karena harga brush starter motor lebih ekonomis daripada mengganti komutator yang aus.

Apa fungsi carbon brush pada starter motor? Brush pada motor starter ditempatkan di bagian utama motor dengan rangkaian sikat yang berfungsi sebagai penghubung aliran listrik menuju konduktor dinamis melalui konduktor statis. 

Dengan kata lain, brush mengalirkan arus listrik dari terminal 50 ke armature coil

Berapa jumlah brush pada starter motor pada umumnya? Terdapat dua jenis brush yang terdapat pada motor starter, brush positif sebanyak 2 buah, dan begitu juga dengan brush negatif yang juga sebanyak 2 buah.

Dampak dari brush yang aus ketika bersentuhan dengan komutator adalah peningkatan tahanan yang menghambat kinerja. Akibatnya, aliran listrik tidak mencapai kondisi maksimal, yang berdampak pada kinerja putaran mesin yang kurang optimal.

Apa penyebab brush pada motor starter sering mengalami keausan? Ada beberapa penyebab utama kenapa Carbon Brush cepat habis:

  1. Kualitas bahan yang kurang baik, yang membuat brush cepat panas dan bahkan mudah terbakar akibat gesekan ekstrim.
  2. Penggunaan mesin yang berlebihan, dipaksa terlalu lama, dan penggunaan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan brush cepat aus.

Dampak Brush yang Aus

Setelah memahami fungsi brush ini, penting juga untuk memahami dampak yang timbul ketika brush mengalami keausan. Hal ini sangat penting untuk mencegah potensi kerusakan. 

Ketika brush aus, hasilnya adalah penggabungannya dengan komutator yang tidak optimal.

Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tahanan yang mengurangi efisiensi penghantaran listrik. Aliran listrik yang tidak mencapai tingkat maksimum dapat mengganggu kinerja putaran mesin, bahkan mungkin membuat mobil kesulitan untuk dinyalakan.

Bagaimana Brush Bekerja dalam Motor Starter?

Berikut adalah cara kerja brush sebagai salah satu komponen motor starter:

  • Menghubungkan ke Sumber Daya: Saat memutar kunci untuk menghidupkan mesin, arus listrik dari baterai kendaraan dialirkan ke motor starter.
  • Melintasi Komutator: Brush kemudian mendorong arus listrik melintasi komutator. Komutator adalah cincin berputar yang terhubung dengan rotor motor starter.
  • Menciptakan Kontak Listrik: Ketika brush menyentuh komutator, akan menciptakan kontak listrik yang stabil. Ini memungkinkan arus listrik mengalir dari baterai melalui brush ke komutator, dan kemudian ke rotor motor starter.
  • Menghasilkan Putaran: Arus listrik yang mengalir melalui rotor motor starter menghasilkan gaya elektromagnetik yang menyebabkan rotor berputar. Putaran ini menggerakkan gigi-gigi starter yang kemudian menghubungkan mesin kendaraan.
  • Mesin Hidup: Dengan putaran yang cukup, mesin kendaraan mulai berfungsi, dan brush motor starter memainkan peran penting dalam proses ini.

Kapan carbon brush perlu diganti? Mengganti brush motor starter atau sikat starter adalah bagian dari perawatan yang penting untuk menjaga kinerja motor. 

Waktu yang tepat untuk mengganti brush motor tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis motor, frekuensi penggunaan, dan kondisi kerja. 

1. Ukuran Brush

Jika brush starter sudah terlalu pendek dan hanya menyisakan sedikit material, adalah tanda bahwa sudah saatnya untuk mengganti brush

Brush yang terlalu pendek tidak akan menghasilkan kontak yang baik dengan komutator motor, yang dapat menyebabkan masalah dalam kinerja motor.

2. Ampere

Jika motor terus-menerus bekerja pada arus yang tinggi, brush starter akan mengalami pemakaian lebih cepat. Jika menggunakan motor untuk beban berat atau untuk tugas yang berulang, perlu mengganti brush starter lebih sering.

3. Perawatan Rutin

Biasanya, brush starter dapat bertahan selama beberapa tahun dengan perawatan rutin yang baik. Ini melibatkan pembersihan brush dan komutator, memeriksa kondisi brush secara berkala, dan menggantinya jika diperlukan.

4. Pemantauan Kondisi

Baca Juga : Cara Aman Membonceng Penumpang di Motor Sport

Jika terdapat gejala seperti percikan api, suara berisik, atau kinerja motor yang tidak konsisten, ini bisa menjadi tanda bahwa brush starter perlu segera diganti.

5. Rekomendasi Produsen

Selalu periksa panduan pengguna atau rekomendasi dari produsen motor yang Anda miliki. Mungkin terdapat panduan spesifik tentang kapan harus mengganti brush starter pada motor merk tersebut.

Penting untuk diingat bahwa mengganti brush starter merupakan pekerjaan yang lebih baik dilakukan oleh seorang teknisi yang berpengalaman, jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam perbaikan motor.

Mengganti brush starter dengan benar dapat memastikan kinerja motor yang optimal dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada motor.

Pentingnya Brush pada Motor Starter

Brush motor starter adalah bagian vital dari sistem starter kendaraan. Tanpa brush yang berfungsi dengan baik, motor starter tidak akan mampu memulai mesin, dan kendaraan akan kesulitan atau bahkan gagal menyala.

Brush memungkinkan arus listrik dari baterai untuk dihubungkan dengan rotor motor starter, yang kemudian menghasilkan putaran awal yang diperlukan untuk menghidupkan mesin kendaraan. 

Penutup

Dengan demikian, memahami peran brush motor starter adalah kunci untuk memahami bagaimana kendaraan dapat dihidupkan dengan mudah. Semakin baik kondisi brush pada mesin motor, maka semakin baik pula performa sistem starter kendaraan.

Kunjungi Suzuki Tips & Trik untuk mendapatkan lebih banyak informasi bermanfaat tentang fungsi brush pada motor starter Anda. Semoga bermanfaat!

Berita Lainnya

Mencegah Mabuk Laut

Cara Ampuh Mencegah Mabuk Laut

Berlayar di laut adalah pengalaman yang menakjubkan dan memikat, tetapi bagi sebagian orang, mabuk laut dapat menjadi kendala yang mengganggu. Mabuk laut, juga dikenal sebagai kine...

selengkapnya