Tips & Trik

Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib Kamu Ketahui!

PUBLISHED DATE : 09 September 2023

Fitur Keselamatan Mobil Suzuki

Beberapa sistem bahkan dapat melakukan pengereman otomatis jika Anda tidak merespons peringatan dengan cepat. Ini adalah fitur yang sangat efektif dalam menghindari tabrakan frontal.

5. Peringatan Lalin Belakang

Sistem peringatan lalin belakang merupakan fitur yang membantu Anda saat mundur dari tempat parkir. Fitur ini menggunakan sensor untuk mendeteksi kendaraan atau objek di belakang mobil Anda dan memberikan peringatan jika ada bahaya. 

Fitur keselamatan mobil ini sangat berguna saat Anda berada di area parkir yang ramai atau di lingkungan yang padat.

6. Sistem Pemantauan Titik Buta (Blind Spot Monitoring)

Sistem pemantauan titik buta membantu mengurangi risiko tabrakan saat Anda mengganti jalur. Fitur ini menggunakan sensor untuk mendeteksi kendaraan di samping dan belakang Anda yang mungkin tidak terlihat pada cermin samping mobil. 

Jika ada kendaraan dalam titik buta dan Anda mencoba untuk berpindah jalur, sistem ini akan memberi peringatan visual dalam bentuk suara.

7. Cruise Control Adaptive (ACC)

Cruise Control Adaptive adalah versi canggih dari cruise control biasa. Fitur ini memungkinkan mobil untuk mempertahankan jarak aman dengan kendaraan lain yang berada di depan Anda secara otomatis. 

Baca Juga : Ternyata Ini Masalah yang Sering Terjadi pada Lampu Mobil

Jika kendaraan di depan Anda melambat, ACC akan menyesuaikan kecepatan Anda secara otomatis. Ini akan sangat membantu untuk menghindari terjadinya tabrakan akibat pengemudi yang tidak merespons perubahan lalu lintas dengan cepat.

Fitur Keselamatan Mobil Pasif

Selain fitur keselamatan aktif yang bekerja untuk mencegah kecelakaan, ada juga fitur keselamatan pasif pada mobil yang berfokus pada perlindungan setelah tabrakan terjadi. 

Tujuan utama fitur ini adalah menghindari kecelakaan, namun kehadiran fitur-fitur ini juga sangat penting untuk melindungi penumpang saat mengalami kecelakaan yang tak terhindarkan. 

Simak bersama beberapa fitur keselamatan pasif yang terdapat di mobil adalah sebagai berikut.

1. Airbag Mobil

Airbag merupakan salah satu fitur keselamatan mobil yang paling dikenal dan sering digunakan dalam mobil modern. 

Airbag berbentuk “bantal balon pelindung mobil saat kecelakaan” yang akan mengembang secara otomatis saat terjadi tabrakan. Airbag akan melindungi kepala dan tubuh pengemudi serta penumpang dari cedera serius. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya