Tips & Trik

Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib Kamu Ketahui!

PUBLISHED DATE : 09 September 2023

Fitur Keselamatan Mobil Suzuki

Keselamatan aktif adalah fitur yang membantu mencegah kecelakaan, seperti ABS dan ESP. Sementara itu, keselamatan pasif adalah fitur yang berfungsi setelah kecelakaan terjadi, seperti airbag.

Fitur Keselamatan Mobil Aktif

Ketika berbicara tentang keselamatan di jalan, banyak orang memikirkan Airbag, sabuk pengaman, atau perlengkapan keselamatan pasif lainnya. Namun, ada satu aspek yang sering terlupakan namun sangat penting, yakni fitur keselamatan aktif. 

Fitur keselamatan mobil ini merupakan penjaga yang bekerja untuk mencegah kecelakaan sebelum terjadi. Berikut pembahasan beberapa fitur keselamatan aktif dan bagaimana fitur ini dapat meningkatkan keselamatan Anda saat mengendarai mobil di jalan.

1. Sistem Pengereman Anti-Lock (ABS)

Sistem keamanan mobil pengereman Anti-Lock atau ABS adalah fitur yang dapat menghindari roda mobil terkunci saat mengerem mendadak. Ini memungkinkan Anda tetap mengendalikan mobil bahkan dalam kondisi pengereman keras. 

Ketika Anda menginjak rem dengan kuat, ABS bekerja dengan cara mengatur tekanan pengereman di setiap roda. Hal ini memastikan mobil tetap stabil dan tidak oleng, yang dapat mencegah kecelakaan serius.

2. Kontrol Stabilitas (ESP)

Kontrol Stabilitas, juga dikenal sebagai Electronic Stability Program (ESP) atau Vehicle Stability Control (VSC), adalah fitur keselamatan mobil yang membantu menjaga stabilitas mobil dalam berbagai kondisi. 

Baca Juga : INI DIA 7 ALASAN MENGAPA ANDA HARUS SERVIS RUTIN SEPEDA MOTOR?

ESP berfungsi dengan cara mendeteksi apakah mobil mulai meluncur (understeer) atau ngepot (oversteer) saat berbelok atau dalam kondisi cuaca buruk. Ketika itu terjadi, ESP akan memperlambat roda untuk mengembalikan kendali mobil ke arah yang benar. 

Fitur ini sangat berguna saat mengemudi di jalan licin atau dalam situasi mendesak.

3. Kontrol Stabilitas Elektronik (ESC)

Kontrol Stabilitas Elektronik, atau ESC, adalah fitur yang bekerja untuk menjaga mobil tetap stabil saat mengemudi dalam kondisi licin atau saat melakukan manuver yang tajam. 

Ketika sistem mendeteksi mobil mulai kehilangan kendali, ESC akan mengurangi tenaga mesin atau memperlambat roda untuk mengembalikan kendali. Fitur ini membantu mencegah perputaran atau tergelincirnya roda mobil yang dapat menyebabkan kecelakaan.

4. Sistem Peringatan Tabrakan

Sistem peringatan tabrakan merupakan teknologi canggih dengan sensor yang dapat mendeteksi kendaraan di depan mobil Anda. 

Jika sistem mendeteksi bahaya tabrakan, seperti kendaraan berhenti mendadak di depan Anda, fitur keselamatan mobil akan segera memberi Anda peringatan. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Pria Mengendarai Suzuki Avenis

Keunggulan Rangka Kokoh Suzuki

Di tengah keramaian jalan raya dan berbagai kondisi jalan di Indonesia, kebutuhan akan rangka kokoh motor yang tangguh menjadi prioritas. Pasalnya, keberadaan rangka yang kuat men...

selengkapnya