Tips & Trik

Electronic Fuel Injection: Komponen & Kelebihannya

PUBLISHED DATE : 15 Januari 2022

3  Suzuki (1)

Electronic fuel injection EFI adalah sistem bahan bakar injeksi yang bekerja dengan kontrol elektronic dengan prinsip pengamatan keadaan mesin, analisa ECU ,dan diakhiri penyemprotan bahan bakar dengan massa yang sesuai kebutuhan. 

Pada sistem EFI ini, komponen ECU yang menjadi otak sistem secara universal, sehingga seluruh kinerja sistem bergantung pada ECU.

Prinsip kerja ECU sendiri menampung seluruh sensor kemudian diproses ketika menentukan banyak bahan bakar yang harus dialirkan ke ruang pembakaran.

Menurut keefektifitasan kerjanya, ketika ada banyak sensor yang diterima ECU maka kinerja sistem EFI ini juga akan semakin efisien.

Selain itu, komponen lain dalam sistem juga bekerja dengan otomatis melalui aliran energi elektronik dari baterai. 

Kelebihan EFI 

Bagian terakhir yang perlu Anda ketahui seputar electronic fuel injection efi adalah kelebihan sistemnya.

Sistem yang akrab disebut sistem injeksi ini muncul sebagai hasil perkembangan sistem karburator. Hal ini menjadikan mesin injeksi memiliki prinsip kerja lebih efektif dan fleksibel tentunya. 

Kelebihan EFI dari sistem lama adalah kinerjanya yang lebih cerdas. EFI dibuat dengan kinerja alat elektrolit berupa baterai yang menjadikan mesin bekerja modern.

Baca Juga : Jenis-Jenis Pintu Mobil Yang Ada Saat Ini

EFI disebut cerdas juga karena sistem kerjanya sudah secara elektronik bukan dengan prinsip mekanik lagi. 

EFI sistem injeksi bahan bakar adalah standar mesin kendaraan saat ini yang memiliki kelebihan engine performance yang sangat comfortable untuk setiap kinerjanya.

Selain itu, EFI juga dilengkapi fuel injeksi yang memiliki keakuratan tinggi dalam menunjang emisi lebih resik.

Keunggulan lain dari pemanfaatan sistem ini adalah respon mesin menjadi lebih cepat, baik saat ekselerasi maupun deselerasinya. Pada beberapa kemungkinan, sistem EFI ini mendukung mesin hidup dalam kondisi apapun seperti cuaca dingin dan panas sekalipun. 

Sistem EFI dengan kontrol elektronik ini juga memiliki kinerja fuel cut otomatis yang baik. Hal ini menjadikan mesin bisa otomatis menghentikan semprotan bahan bakar saat deselerasi.

Nah, untuk kinerjanya sendiri, mesin dengan sistem injeksi ini lebih baik dipakai di medan menanjak dan kasar. 

Berbicara mengenai sistem EFI, di balik kelebihannya tersebut, sistem ini bisa saja mengalami masalah juga.

Jika ini terjadi, bawa saja ke bengkel resmi Suzuki terdekat, dan lakukan service berkala disana. Untuk lokasinya, Anda bisa mengeceknya pada situs-situs di bawah ini. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya