Tips & Trik

Electronic Fuel Injection: Komponen & Kelebihannya

PUBLISHED DATE : 15 Januari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/3__suzuki_(1).jpg

Electronic fuel injection efi adalah sistem penyemprotan bahan bakar yang proses kerjanya dikontrol secara elektronik.

Sistem dalam kendaraan yang berguna untuk memastikan kebutuhan bahan bakar ini memegang peran penting dalam mesin kendaraan dan berikut sedikit ulasan terkait EFI.

Pengertian EFI

EFI merupakan kepanjangan dari electronic fuel injection yang berupa sistem elektronik untuk penyemprotan bahan bakar. EFI sendiri berupa teknologi terbarukan yang sudah mulai digunakan pada kendaraan-kendaraan keluaran terbaru.

Baca Juga : Body Roll: Pengertian dan Penyebab Mobil Mengalaminya

Pada mesin kendaraan lawas sistem electronic fuel injection efi adalah sistem karburator yang mulai ditinggalkan karena komponennya belum kompatibel untuk kerja kendaraan sekarang.

Secara spesifiknya, EFI merupakan sistem elektronik penghasil campuran bahan bakar dengan udara secara ideal. 

Ketika menggunakan EFI, mesin kendaraan akan lebih efektif karena memperoleh pembakaran sempurna dari campuran udara dan bahan bakar yang sesuai kebutuhan mesin. 

Baca Juga : Kebiasaan Buruk yang Bikin AC mobil Cepat Rusak

Hasil dari proses inilah yang nantinya digunakan kendaraan untuk kerja mesin dan menjadikan tenaga gerak kendaraan.

Pada mulanya, EFI ini masih dikembangkan oleh Suzuki dengan nama yang berbeda, tapi menggunakan prinsip kerja yang sama dan sebutannya tidak serupa.

Penggunaan sistem terbarukan ini juga karena kelebihan dan banyak maksud lainnya yang akan dibahas pada poin selanjutnya.

Komponen EFI

Baca Juga : Musim Hujan Sudah Tiba, Perhatikan Hal Ini Saat Berkendara Mobil!

Sudah disinggung sebelumnya, alat untuk mengontrol semua sistem efi adalah elektronik sistem.

Penggunaan EFI yang dikontrol alat elektronik ini lebih efektif karena sudah dilengkapi banyak komponen untuk menunjang kerja sistem lebih maksimal kedepannya.

Nah, membahas seputar sistem EFI yang memiliki komponen lengkap, berikut akan diulas beberapa komponennya.

  • Tangki Bahan Bakar

Komponen pertama adalah tangki yang memiliki fungsi utama sebagai penampung bahan bakar kendaraan. 

Bahan bakar di tangki ini nantinya akan menjadi sumber utama pelumas mesin kendaraan. Untuk tangkinya sendiri dibuat dari material plastik tebal yang lebih ringan dari tangki keluaran lawas. 

  • Fuel Filter

Komponen sistem EFI berikutnya adalah fuel filter yang berguna sebagai alat penyaringan kotoran dari bahan bakar.

Melalui komponen fuel filter ini dapat dipastikan bahan bakar yang dialirkan ke ruang pembakaran bersih dan siap digunakan.

Pada sistem EFI ada dua macam fuel filter yang umum digunakan yaitu filter kasar dan filter halus.

Filter kasar ini disusun dari kawat rajut berpori besar untuk menyaring material besar. Filter halus komponen ini penyusunya kain dengan pori rapat sehingga partikel kotoran lebih kecil akan terhenti.

Melihat kedua jenisnya filter halus memiliki sistem kerja yang lebih efektif, tapi dalam kendaraan modern kini juga sudah ada jenis water sedimenter untuk memilah bahan bakar dan air.

Jenis fuel filter terbaru ini berguna memaksimalkan fungsi pembakaran tanpa partikel tambahan lain.

  • Delivery Pipe

Komponen electronic fuel injection efi adalah delivery pipe yang berada di pipa ujung saluran bahan bakar.

Komponen satu ini berguna menampung bahan bakar dari fuel pump dan menjadi titik temu seluruh injektor. Hal inilah yang dijadikan alasan komponen harus bermaterial keras. 

  • ECU

Berikutnya, ada ECU kendaraan yang menjadikan EFI bekerja lebih sempurna. Fungsi ECU sendiri adalah pengolah data dari komponen sensor dan hasilnya akan ditransfer ke injektor secara terbuka. Secara desain, komponen ini dilengkapi 5 buah sensor. 

  • Return Feed

Selanjutnya, return feed yang berbentuk selang sebagai jalur feedback bahan bakar ke tangki jika tekanan terlalu tinggi. Komponen inilah yang menjadikan bahan bakar lebih efektif tanpa terbuang. 

  • Pressure Regulator

Ada juga komponen pressure regulator atau alat yang berguna mendeteksi tekanan fuel pump. Komponen ini menggunakan prinsip kerja otomatis agar tekanan dalam mesin kembali stabil.

  • Fuel Feed

Berikutnya, ada selang yang mengalirkan bahan bakar dari tangki ke injektor dan disebut fuel feed. Komponen ini disusun dari material mika kuat dengan kemampuan menahan tekanan bensin tepi rentan pecah. 

  • Injector

EFI juga dilengkapi komponen injektor yang dapat mengeluarkan bahan bakar secara otomatis sesuai on-off kendaraan. Prinsip kerja injektor ini memanfaatkan tegangan listrik yang dihasilkan ECU dan secara aksial bisa membuka nozzle

  • Sensor

Berkaitan dengan komponen sebelumnya, sensor ini berguna sebagai alat penentu periode injektor terbuka dan menutup. Sensor utama yang dideteksi seperti suhu udara, massa udara dan sudut pembukaan injektor. Umumnya, kendaraan dilengkapi 5 macam sensor yakni MAF, MAP, IAT, TPS, dan CKP.

  • Fuel Pump

Berikutnya, ada pompa bahan bakar yang berguna meningkatkan tekanan bahan bakar khususnya di bagian fuel feed yang disebut fuel pump.

Pada mesin EFI terbaru komponen satu ini, prinsip kerjanya dibantu listrik, sehingga lebih sempurna dan tidak membebani mesin. 

  • Baterai 

Terakhir, EFI kendaraan dilengkapi komponen baterai yang memegang fungsi utama sebagai pemasok arus listrik di seluruh aksesoris elektronik kendaraan.

Selain itu, baterai di EFI ini juga untuk memberi feedback tegangan ke ECU hasil pengolahan sensor dari kisaran 0 sampai 5. 

Cara Kerja EFI

3._suzuki__2_

Electronic fuel injection EFI adalah sistem bahan bakar injeksi yang bekerja dengan kontrol elektronic dengan prinsip pengamatan keadaan mesin, analisa ECU ,dan diakhiri penyemprotan bahan bakar dengan massa yang sesuai kebutuhan. 

Pada sistem EFI ini, komponen ECU yang menjadi otak sistem secara universal, sehingga seluruh kinerja sistem bergantung pada ECU.

Prinsip kerja ECU sendiri menampung seluruh sensor kemudian diproses ketika menentukan banyak bahan bakar yang harus dialirkan ke ruang pembakaran.

Menurut keefektifitasan kerjanya, ketika ada banyak sensor yang diterima ECU maka kinerja sistem EFI ini juga akan semakin efisien.

Selain itu, komponen lain dalam sistem juga bekerja dengan otomatis melalui aliran energi elektronik dari baterai. 

Kelebihan EFI 

Bagian terakhir yang perlu Anda ketahui seputar electronic fuel injection efi adalah kelebihan sistemnya.

Sistem yang akrab disebut sistem injeksi ini muncul sebagai hasil perkembangan sistem karburator. Hal ini menjadikan mesin injeksi memiliki prinsip kerja lebih efektif dan fleksibel tentunya. 

Kelebihan EFI dari sistem lama adalah kinerjanya yang lebih cerdas. EFI dibuat dengan kinerja alat elektrolit berupa baterai yang menjadikan mesin bekerja modern.

EFI disebut cerdas juga karena sistem kerjanya sudah secara elektronik bukan dengan prinsip mekanik lagi. 

EFI sistem injeksi bahan bakar adalah standar mesin kendaraan saat ini yang memiliki kelebihan engine performance yang sangat comfortable untuk setiap kinerjanya.

Selain itu, EFI juga dilengkapi fuel injeksi yang memiliki keakuratan tinggi dalam menunjang emisi lebih resik.

Keunggulan lain dari pemanfaatan sistem ini adalah respon mesin menjadi lebih cepat, baik saat ekselerasi maupun deselerasinya. Pada beberapa kemungkinan, sistem EFI ini mendukung mesin hidup dalam kondisi apapun seperti cuaca dingin dan panas sekalipun. 

Sistem EFI dengan kontrol elektronik ini juga memiliki kinerja fuel cut otomatis yang baik. Hal ini menjadikan mesin bisa otomatis menghentikan semprotan bahan bakar saat deselerasi.

Nah, untuk kinerjanya sendiri, mesin dengan sistem injeksi ini lebih baik dipakai di medan menanjak dan kasar. 

Berbicara mengenai sistem EFI, di balik kelebihannya tersebut, sistem ini bisa saja mengalami masalah juga.

Jika ini terjadi, bawa saja ke bengkel resmi Suzuki terdekat, dan lakukan service berkala disana. Untuk lokasinya, Anda bisa mengeceknya pada situs-situs di bawah ini. 

Berita Lainnya