Tips & Trik

Cara Membersihkan Radiator Motor dengan Mudah

PUBLISHED DATE : 21 Juli 2021

Pembersih Radiator Motor

Pasang kembali baut pada bagian bawah radiator setelah proses pengurasan selesai. Baut pada bagian bawah radiator harus Anda pasang hingga benar-benar tertutup sempurna untuk mencegah kebocoran pada radiator.

Air yang bocor dari radiator bisa menyebabkan masalah di kemudian hari. Anda juga harus memastikan telah menutup lubang pada bagian bawah tersebut dengan menggunakan baut bawaan radiator untuk mencegah adanya kerusakan pada radiator.

  • Mengisi Air Radiator

Radiator yang telah Anda tutup dengan baut tadi sudah siap untuk diisi kembali. Anda bisa mengisi radiator dengan air khusus untuk radiator. Pastikan Anda telah mengisi radiator sesuai dengan takaran motor Anda.

Jangan sampai Anda mengisi air radiator terlalu banyak atau kurang dari takaran. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada radiator dan menyebabkan masalah pada motor Anda.

Anda juga harus memastikan cairan yang Anda gunakan untuk mengisi radiator adalah air khusus radiator. Hindari menggunakan air keran atau air AC untuk mengisi radiator.

  • Mengecek Coolant

Baca Juga : Mengenal Apa itu Stang Jepit Serta Kelebihan & Kekurangannya

Bagian yang harus diisi dengan air radiator atau cairan coolant adalah radiator dan tabung eksternal. Anda sebaiknya mengecek bagian tersebut untuk memastikan cairan coolant sudah terisi sesuai takaran, supaya fungsi radiator berjalan dengan baik.

Anda juga harus memastikan jika semua komponen pada radiator telah terpasang dengan baik. Jika ada komponen yang belum terpasang akan membuat Anda menghabiskan waktu lebih banyak lagi untuk memperbaikinya.

  • Menghidupkan Mesin

Pemeriksaan terakhir setelah Anda melakukan pembersihan radiator adalah mengecek pasang surutnya air radiator saat mesin dihidupkan. Caranya cukup mudah, Anda bisa melihat batas-batas yang ada pada sisi samping tabung eksternal.

Perhatikan pada bagian tersebut, dan hidupkan mesin motor. Anda bisa mengamatinya untuk melihat pasang surut cairan coolant. Jika Anda melihat penyusutan yang cukup jelas atau penyusutan tersebut sangat terlihat, artinya Anda harus mengisi kembali air radiator.

Caranya, matikan mesin dan tambahkan cairan coolant. Jika sudah ditambahkan Anda bisa mengecek kembali pasang surut air. Jika tidak terjadi penyusutan air yang berarti, artinya cairan coolant telah sesuai dengan takaran.

  • Menutup Radiator Kembali
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya