Tips & Trik

Cara Membersihkan Radiator Motor dengan Mudah

PUBLISHED DATE : 21 Juli 2021

Pembersih Radiator Motor

Radiator yang bekerja dengan sempurna, menunjukkan jika pembersih radiator motor telah selesai dilakukan. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menutup kembali radiator, dan mengecek apakah semua komponen telah tertutup dengan sempurna atau tidak.

Anda juga harus mengecek pada bagian coolant eksternal atau radiator telah tertutup dengan sempurna. Tujuannya supaya semua bagian radiator bisa berfungsi dengan baik dan benar. 

cara_membersihkan_radiator_motor

Cara Mengganti Air Radiator pada Tabung Reservoir

Tabung reservoir merupakan wadah air cadangan atau wadah yang digunakan untuk menampung kelebihan air dari radiator. Pada mesin motor biasanya selain dilengkapi dengan radiator juga dilengkapi dengan reservoir. 

Penting untuk memastikan tabung ini supaya tidak kering, sebab air di tabung reservoir inilah yang akan disedot oleh radiator jika air pada radiator habis. Jadi Anda juga harus mengecek dan mengganti air pada tabung reservoir secara berkala.

Mengganti cairan pada tabung ini juga termasuk perawatan radiator supaya lebih awet. Cara mengganti air radiator pada tabung reservoir bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Melepaskan Selang Reservoir

Baca Juga : Jangan Panik, Ini Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin

Langkah pertama adalah melepas selang reservoir dari sambungan selang radiator. Setelah itu, Anda bisa menguras air sampai habis dan memastikan jika kotoran pada tabung tersebut terbuang dengan sempurna.

  • Mengisi Ulang Air Radiator

Jika Anda sudah selesai menguras air pada bagian tabung, pasang kembali selang yang menempel pada nepel radiator. Anda bisa mengisi air radiator 2/3 dari kapasitas tabung atau mengikuti petunjuk full pada tabung.

  • Menutup Tabung

Jika air sudah selesai ditambahkan, tutup kembali tabungnya dan hidupkan mesin motor. Anda bisa memastikan apakah air berkurang atau tidak. Jika air ada di bawah garis full, tambahkan lagi air pada tabung.

Cara membersihkan radiator motor ini sangat mudah dan Anda bisa mempraktekkannya sendiri di rumah.

Akan tetapi jika terjadi kerusakan atau terdapat sparepart yang bermasalah, Anda bisa membawanya ke bengkel Suzuki terdekat. Ini termasuk untuk servis atau penggantian spare part secara berkala.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya