Tips & Trik

Cara Memasang Sarung Jok Mobil dengan Mudah

PUBLISHED DATE : 30 November 2021

30  Sx4 Scroos (2)1

Agar pemasangan sarung jok mobil terlihat bagus dan rapi seperti permanen, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor seperti desain sarung jok dan bahan perekat yang digunakan.

Lalu, bagaimana caranya? Yuk simak tips-tips memasang sarung jok mobil berikut ini.

  • Pertimbangkan Desain Sarung Jok

Sebelum memasang sarung jok pada mobil, mintalah desain jok seperti pemasangan semi permanen.

Gunakan potongan bahan pada bagian sisi atau siku-siku untuk menutupi jok yang lama. Pemasangan jok ini harus dilakukan dengan cara mengeluarkan jok terlebih dahulu dari mobil.

Anda juga bisa mempertimbangkan desain jok jenis permanen pada pemasangan jok. 

Pemilihan desain seperti jok permanen utamanya pada bagian kancing dapat dilakukan pada jenis mobil tertentu yang menggunakan resleting melingkar pada dudukan jok bagian tengah dan belakang.

Pemasangan menggunakan desain ini dilakukan dengan cara memotong resleting lama pada salah satu bagian saja.

Setelah itu, Anda dapat menyatukan resleting jok lama dengan yang sudah dijahit pada sarung jok yang akan dipasang pada mobil.

  • Menggunakan Prepet Perekat

Baca Juga : Begini Cara Membersihkan Mesin Mobil dengan Aman

Agar jok terlihat rapi ketika dilipat, gunakan tali dan karet untuk mengencangkan bagian depan sedangkan pada bagian lainnya sebaiknya gunakan prepet perekat untuk mengencangkan jok.

Dengan demikian, pemasangan sarung jok mobil akan merekat dengan kencang dan terlihat rapi.

  • Menjahit Sarung Jok Mobil Secara Manual

Agar sarung jok tidak bergeser, sebaikya lakukan penjahitan pada sambungan dan lekukan pada jok mobil secara manual menggunakan tangan.

Caranya tinggal menggabungkan sarung jok yang lama kemudian tarik agar menempel. Lalu , sarungkan secara menyeluruh pada jok mobil Anda.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, lakukan penjahitan pada sambungan tengah dan sambungan pinggir baik sebelah kanan maupun kiri di dudukan dan sandarannya. 

Penjahitan tersebut akan membuat jok terlihat ngepres dan tidak bergeser kemana-mana.

Itulah ulasan tentang cara memasang sarung jok mobil. Mudah Bukan? Apabila Anda masih mengalami kesulitan untuk memasang sarung jok mobil sendiri, sebaiknya lakukan pemasangan tersebut di bengkel resmi Suzuki terdekat. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya