Tips & Trik

Begini Cara Mengetahui Mobil yang Pernah Terendam Banjir

PUBLISHED DATE : 05 Februari 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Begini-Cara_-Mengetahui-Mobil-yang-Pernah-Terendam-Banjir.png

Pasti banyak Anda yang sudah tahu bahwa mobil yang pernah terendam banjir umumnya memiliki permasalahan pada sejumlah hal, khususnya yang berhubungan dengan komponen mesin, body, dan kelistrikan. Jadi tidak heran, mobil yang pernah terendam banjir biasanya akan dijual dengan harga lebih murah, bahkan selisihnya mungkin saja mencapai 50% dari harga pasaran normal. Ini bisa dipahami karena mobil yang sudah terendam banjir butuh biaya perbaikan yang relatif mahal.

Untuk mereka yang awam, akan cukup sulit untuk mengetahui mobil yang pernah terendam banjir, karena kalau dilihat secara kasat mata, kondisi yang pernah terendam banjir terlihat baik-baik saja dan tidak beda dengan mobil bekas pada umumnya. Tapi biasanya, walaupun sudah dipoles sedemikian rupa, mobil yang pernah terendam banjir masih bisa diidentifikasi melalui beberapa cara.

Berikut adalah cara mengetahui mobil yang pernah terendam banjir.

  1. Cek ruang mesin

Baca Juga : Apa Itu Uji Emisi? Ketahui Ambang Batas dan Manfaatnya

Umumnya, mobil yang bekas banjir warna ruang mesinnya terlihat belang pada beberapa bagian karena pernah terendam air banjir.

  1. Cek kabin mobil

Kabin mobil yang pernah terendam banjir umumnya beraroma apke (tidak sedap), khususnya pada bagian jok dan karpet. Aroma ini akan sangat sulit hilang jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar.

  1. Cek juga bagian-bagian lain pada mobil

Bagian-bagian lain seperti bagasi, sisi-sisi pintu ataupun kap mesin, juga sebaiknya Anda cek. Pada mobil yang pernah terendam air banjir, umumnya akan terlihat karat atau warna yang kusam pada bagian-bagian tersebut.

  1. Cek alamat Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Baca Juga : Kondisi Mesin Mobil Bisa Dicek Sendiri. Begini Caranya

Jika alamat mobil tersebut berada di kawasan yang rawan banjir, ada kemungkinan mobil tersebut pernah terendam. Tapi jangan langsung menilai langsung mobil sudah pasti terkena banjir tanpa mengecek dengan detail seperti yang sudah disebutkan sebelumnya ya. Karena tidak jarang walaupun alamatnya di area langganan banjir, pemakaiannya mungkin di daerah yang tidak terkena banjir sama sekali.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan jika Anda ingin informasi lebih lengkap tentang hal ini bisa bertanya langsung pada mekanik Suzuki yang bisa Anda temui di bengkel mobil resmi Suzuki. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya