Tips & Trik

Cara Memasang Sarung Jok Mobil dengan Mudah

PUBLISHED DATE : 30 November 2021

30  Sx4 Scroos (2)1

Memiliki mobil yang terlihat menarik dan menawan adalah dambaan setiap orang. Salah satu cara agar mobil Anda terlihat lebih menawan yaitu dengan mengubah sarung jok mobil.

Cara memasang sarung jok mobil juga tergolong mudah, namun tentu saja harus disesuaikan dengan model mobil.

Manfaat memasangkan sarung jok pada mobil diantaranya sebagai pelindung dari jok asli sehingga tidak mudah kotor dan rusak. 

Baca Juga : Awas, Ini Dampak Minyak Rem Mobil Jarang Diganti

Selain itu, memasang jok mobil akan membuat Anda semakin nyaman saat melakukan perjalanan. Lalu, bagaimana caranya memasangnya? simak ulasannya berikut ini.

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memasang Sarung Jok Mobil

Sebelum memasang sarung jok pada mobil, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa faktor agar jok Anda akan semakin terlihat menarik. Apa saja faktor tersebut? Simak ulasan berikut ini.

  • Pertimbangkan Budget

Baca Juga : Mobil Warna Putih Tetap Kinclong? Ini Tipsnya

Bagi Anda yang ingin memasang sarung jok, hal pertama yang harus dipertimabangkan yaitu budget. Pilihlah sarung jok mobil sesuai dengan budget, tentunya juga sesuai dengan model mobil Anda. Jika menginginkan desain jok yang mewah, Anda harus mempersiapkan budget yang lebih tinggi.

  • Pemilihan Bahan

Sebelum menggantinya, sebaiknya memilih bahan sarung jok yang sesuai dengan keinginan Anda namun juga pertimbangkan budget dan kualitasnya. Jika Anda menginginkan kualitas yang bagus, pilihlah bahan yang terbuat dari kulit asli. 

Pemilihan bahan kulit asli akan membuat jok Anda lebih mewah dan memberikan kenyamanan saat berkendara.

Baca Juga : Apa Itu Dashboard Mobil? Ini Fungsi dan Bagiannya

Harga kulit asli masih tergolong mahal mencapai Rp 30.000.000 untuk satu mobil. Tapi jangan khawatir, bahan sintetis juga bisa menjadi alternatif untuk jok Anda dan lebih terjangkau.

Salah satu kelebihan bahan kulit sintetis yaitu perawatannya lebih mudah. Bahan kulit sintetis lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan bahan kulit asli. Selain itu, warna dari kulit sintetis juga lebih beragam.

  • Pemilihan Model

Sesuaikan sarung jok yang akan Anda pasang dengan keinginan dan kondisi kabin mobil.

Dalam pemilihan model jok mobil, Anda harus mempertimbangkan detail model sarung jok mobil seperti kesesuaian warna kulit jok dengan kabin mobil sehingga akan membuat mobil Anda lebih menawan.

  • Pemilihan Merk dan Bengkel Jok Terpercaya

Pertimbangkan merk sarung jok mobil yang akan Anda pilih sebelum memasangnya. Merk juga berpengaruh terhadap kualitas dan keawetan sarung jok mobil.

Setelah memilih merek sarung jok yang sesuai, pilihlah bengkel jok yang terpercaya untuk memasangnya agar jok Anda terlihat bagus.

Pemasangan Sarung Jok Berdasarkan Jenisnya

Setiap sarung jok memiliki cara pasang yang berbeda-beda tergantung dengan jenisnya.

Berdasarkan jenisnya, sarung jok dibedakan menjadi 3 yaitu sarung jok bertali, sarung jok semi permanen, dan sarung jok permanen. Cara memasang sarung jok mobil dilakukan sebagai berikut.

  • Sarung Jok Bertali (Cover Jok)

Pemasangan sarung jok jenis ini termasuk yang paling murah dan mudah. Pemasangan jok bertali (cover jok) ini bertujuan untuk melindungi jok asli agar tidak mudah kotor. 

Namun, bagi Anda yang menginginkan jok terlihat mewah dan elegan, maka sarung jok jenis ini tidak cocok menjadi pilihan.

Cara pemasangan sarung jok jenis tali ini lebih mudah dibandingkan dengan jenis lainnya.

Cara pemasangannya yaitu tinggal membuka lalu memasangnya. Namun, hasil dari pemasangan sarung jok jenis ini tidak rapi, mudah bergeser, dan tidak bisa ngepres dengan body joknya.

Meskipun pemasangannya tergolong mudah, namun sarung jok jenis tali hanya dapat digunakan di beberapa bentuk jok tertentu saja.

Sebaiknya pemasangan sarung jok dilakukan dengan posisi jok datar atau bisa juga sedikit kembung untuk memperoleh hasil terbaik.

  • Sarung Jok Semi Permanen (Non Paten)

Berbeda dengan sarung jok tertali, sarung jok semi permanen dapat dipasang di berbagai jenis jok mobil.

Pemasangan sarung jok jenis ini dilakukan dengan cara menjahitnya pada jok yang lama sehingga tidak perlu melepaskan sarung jok yang lama.

Pemasangan jok semi permanen dapat menghasilkan bentuk seperti jok aslinya. Kekurangan dari pemasangan sarung jok jenis semi permanen yaitu terdapat benjolan-benjolan dari sarung jok yang lama sehingga terlihat kurang rapi. 

Fungsi pemasangan jok jenis ini untuk melindungi sarung jok asli dari mobil sehingga akan lebih awet.

Pemasangan sarung jok jenis semi permanen memiliki kelebihan, salah satunya yaitu dapat dilepas dan diganti kapan saja sesuai dengan keinginan Anda.

  • Sarung Jok Permanen

Cara pemasangan sarung jok permanen berbeda dengan semua jenis sarung jok sebelumnya karena harus melepaskan sarung jok yang lama terlebih dahulu.

Setelah tersisa kerangka dan busanya saja, baru pemasangan sarung jok permanen ini dapat dilakukan.

Kelebihan dari pemasangan jenis jok permanen yaitu memiliki bentuk yang lebih bagus, terlihat lebih rapi, dan nyaman ketika digunakan. Sarung jok jenis ini merupakan pilihan yang mempunyai kualitas paling bagus.

Tips Memasang Sarung Jok Mobil

30._sx4_scroos__1_

Agar pemasangan sarung jok mobil terlihat bagus dan rapi seperti permanen, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor seperti desain sarung jok dan bahan perekat yang digunakan.

Lalu, bagaimana caranya? Yuk simak tips-tips memasang sarung jok mobil berikut ini.

  • Pertimbangkan Desain Sarung Jok

Sebelum memasang sarung jok pada mobil, mintalah desain jok seperti pemasangan semi permanen.

Gunakan potongan bahan pada bagian sisi atau siku-siku untuk menutupi jok yang lama. Pemasangan jok ini harus dilakukan dengan cara mengeluarkan jok terlebih dahulu dari mobil.

Anda juga bisa mempertimbangkan desain jok jenis permanen pada pemasangan jok. 

Pemilihan desain seperti jok permanen utamanya pada bagian kancing dapat dilakukan pada jenis mobil tertentu yang menggunakan resleting melingkar pada dudukan jok bagian tengah dan belakang.

Pemasangan menggunakan desain ini dilakukan dengan cara memotong resleting lama pada salah satu bagian saja.

Setelah itu, Anda dapat menyatukan resleting jok lama dengan yang sudah dijahit pada sarung jok yang akan dipasang pada mobil.

  • Menggunakan Prepet Perekat

Agar jok terlihat rapi ketika dilipat, gunakan tali dan karet untuk mengencangkan bagian depan sedangkan pada bagian lainnya sebaiknya gunakan prepet perekat untuk mengencangkan jok.

Dengan demikian, pemasangan sarung jok mobil akan merekat dengan kencang dan terlihat rapi.

  • Menjahit Sarung Jok Mobil Secara Manual

Agar sarung jok tidak bergeser, sebaikya lakukan penjahitan pada sambungan dan lekukan pada jok mobil secara manual menggunakan tangan.

Caranya tinggal menggabungkan sarung jok yang lama kemudian tarik agar menempel. Lalu , sarungkan secara menyeluruh pada jok mobil Anda.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, lakukan penjahitan pada sambungan tengah dan sambungan pinggir baik sebelah kanan maupun kiri di dudukan dan sandarannya. 

Penjahitan tersebut akan membuat jok terlihat ngepres dan tidak bergeser kemana-mana.

Itulah ulasan tentang cara memasang sarung jok mobil. Mudah Bukan? Apabila Anda masih mengalami kesulitan untuk memasang sarung jok mobil sendiri, sebaiknya lakukan pemasangan tersebut di bengkel resmi Suzuki terdekat. 

Berita Lainnya