Tips & Trik

Bisa di Rumah, Begini Cara Mengkilapkan Cat Mobil

PUBLISHED DATE : 11 Juni 2021

Suzuki Ignis Puncak (2)

Tips pertama cara mengkilapkan cat mobil adalah dengan mencuci mobil secara rutin. Khususnya saat musim penghujan di mana lumpur sangat mudah menempel di bagian bawah mobil dan mengeras. 

Lumpur akan membuat mobil lebih cepat kusam sehingga harus segera dibersihkan. Anda bisa mencuci dengan shampo khusus mobil. Pastikan menggunakan air dingin dan juga cuci di tempat yang teduh. 

Setelah itu mobil wajib dikeringkan agar noda air tidak muncul dan merusak cat mobil. Usai mencuci tampilan mobil akan mengkilap kembali. 

  • Manfaatkan Wax untuk Mobil

Selanjutnya Anda bisa menggunakan wax yang tidak membuat lapisan cat terkikis. Karena wax merupakan lilin yang akan memberikan lapisan pelindung tambahan pada body mobil. 

Cara mengkilapkan cat mobil dengan wax sangat mudah, cukup dengan mengaplikasikannya di permukaan body yang kering dan bersih. Paling tepat dilakukan saat Anda selesai mencuci mobil. 

Kemudian poles langsung wax dengan spons atau kain yang lembut. Lakukan gerakan memutar sampai merata dan diamkan 5 menit. Baru setelah itu Anda bisa membersihkan bekas wax dengan lap kering. 

  • Tak Perlu Sering Menggunakan Compound

Baca Juga : Ketahui Apa Itu Pemutihan Pajak

Compound berfungsi untuk mengatasi goresan ringan pada mobil. Jadi jika Anda menggunakannya pada permukaan cat yang baik-baik saja justru akan menimbulkan kerusakan. 

Pastikan Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan compound. Terlalu sering menggunakannya juga tidak berfungsi untuk membuat mobil mengkilap. 

  • Manfaatkan Obat Poles

Selain wax, Anda juga bisa menggunakan obat poles untuk mengatasi kusam pada mobil. Cara aplikasinya juga setelah mobil dicuci. Anda hanya perlu membeli obat poles yang sama dengan cat mobil. 

Gunakan spons bersih dan kering untuk menggosok body mobil dengan obat poles. Kemudian tunggu kering dan lap menggunakan kain microfiber. Dengan begitu tampilan mobil akan kinclong, kusam pun hilang. 

Semua cara mengkilapkan body mobil ini sangat mudah dan bisa Anda coba sendiri di rumah. Anda hanya perlu memastikan menggunakan air, wax, dan obat poles yang sesuai. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya