Tips & Trik

Begini Cara Paling Mudah Memilih Warna Velg Mobil

PUBLISHED DATE : 19 November 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/suzuki_scross.jpg

Bagi Anda yang memiliki mobil berwarna biru, Anda bisa memilih warna untuk velg dengan warna yang kalem dan aman. Misalnya dipasangkan dengan warna putih, hitam, dan silver. Jika ingin memilih warna lain juga bisa dilakukan.

Warna lain yang bisa digunakan antara lain adalah merah hingga emas. Pilihan warna yang menarik akan lebih membuat tampilan mobil menjadi kece. Warna-warna tersebut sudah sering diaplikasikan pada mobil-mobil yang berwarna biru.

  • Warna Body Merah

Mobil berwarna merah tampilanya sudah sangat mencolok. Jadi, jika ingin mengubah warna velg mobil tersebut, jangan sampai sembarangan. Tetap padukan dengan cocok. Misalnya Anda bisa memilih warna gold, hitam, silver, bronze, dan chrome untuk warna velgnya.

Kombinasikan saja sesuai keinginan dan selera. Jika warna body mobil sudah mencolok, sebaiknya tidak memilih warna velg yang mencolok juga. Bisa-bisa tampilan mobil menjadi tampak norak nantinya. Pilih warna yang aman-aman saja.

Warna-warna body mobil yang standar tersebut dapat dijadikan acuan untuk memilih warna velg mobil. Anda tidak boleh sembarangan memilih warna agar hasilnya tidak aneh. Namun, selain warna, ada beberapa pertimbangan lain yang harus diperhatikan untuk memodifikasi bagian velg mobil.

Memilih Berdasarkan Ring atau Diameter Velg

Velg mobil umumnya memiliki ring atau diameter yang berbeda, mulai dari diameter 14 hingga 22 inci. Jadi, harus disesuaikan dengan kendaraan masing-masing. Selain itu, pemilihan ban yang sesuai dan berasal dari bahan berkualitas juga perlu diperhatikan agar penampilan lebih menarik.

Sebaiknya velg diganti dengan ukuran yang berdiameter 2 inci lebih besar dan ban yang melapisinya jika velg dirubah juga. Semakin besar diameter velg, maka ban harus lebih tipis, begitu pun sebaliknya. Jika ukuran velg lebih besar dari standar, maka perlu dilakukan wide body.

Untuk mengganti velg yang lebih besar, maka laju kendaraan akan sedikit lebih berat. Kenaikan diameter velg tersebut dapat mempengaruhi akurasi data odometer dan speedometer pada instrument cluster kendaraan.

Memilih Velg Berdasarkan PCD (Pitch Circle Diameter)

Pitch Circle Diameter adalah jarak lubang baut di velg dengan jarak lubang satu ke lubang yang lain. PCD sama atau berbeda tiap mobil, tergantung bawaan setiap mobil. Ring tidak berpengaruh terhadap PCD.

Memilih Velg Berdasarkan Offset

Offset adalah besar tekukan penampang atau permukaan tengah velg pada bagian dalam yang keluar atau yang di dalam. Semakin tebal penampangnya, maka semakin kecil ukuran offset, begitu juga sebaliknya.

Offset penting untuk pemilihan sebuah velg, karena mempengaruhi seberapa velg akan memposisikan dirinya di dalam tender. Offset sangat tergantung dari lebar velg. Dengan offset yang sama tetapi lebar velg berbeda, maka tipe velg yang dipasang otomatis berbeda.

Memilih Velg Berdasarkan Center Bore

Center bore adalah lubang di tengah dari velg yang menentukan center hub di mobil. Center bore harus pas dengan center hub. Fungsi center bore ini untuk menahan velg dalam kondisi di pusat roda. Center bore disebut juga center hole.

Sebelum melakukan modifikasi warna velg mobil, alangkah baiknya Anda harus memperhatikan ketentuan di atas agar lebih aman.

Jika sudah sesuai, tampilan kendaraan yang sudah diubah tidak akan menyebabkan kerugian. Dengan begitu, mobil Anda akan terlihat lebih estetik dan semakin keren.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya