Tips & Trik

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Transmisi Loncat

PUBLISHED DATE : 16 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/69889658_s.jpg

Gigi loncat atau transmisi pindah ke netral dengan sendirinya kerap terjadi pada mobil manual yang transmisinya mengalami kerusakan tertentu. 

Apabila Anda masih menggunakan mobil manual sebagai pilihan, perhatikan penyebab dan cara mengatasi gigi transmisi loncat berikut ini.

Penyebab Gigi Transmisi Loncat

Baca Juga : Hati-hati, Ini Kebiasaan Buruk yang Bikin Mobil Matik Cepat Rusak

Gigi loncat pada mobil manual dapat membahayakan keselamatan berkendara Anda dan pengendara lainnya.

Untuk mengatasi dan melakukan pencegahan terjadinya gigi transmisi loncat, Anda perlu memahami tentang penyebab-penyebabnya terlebih dahulu. Berikut beberapa di antaranya

  • Kerusakan Sinkromes

Salah satu hal yang bisa menyebabkan terjadinya gigi loncat adalah kerusakan pada bagian sincromesh. Sinkromes merupakan spare part pada mobil manual yang berperan dalam menyamakan putaran gigi untuk perpindahan gigi percepatan dengan mulus.

Baca Juga : Aerodinamika Mobil : Fungsi, Bagian dan Gayanya

Kerusakan pada spare part ini dapat berupa keausan atau luka dalam sinkromes. Anda bisa mengatasi kerusakan yang bersifat ringan. Apabila kerusakan sangat parah dan tidak memungkinkan untuk diatasi, mengganti sinkromes adalah pilihan yang tepat.

  • Setelan Kopling yang Kurang Tepat

Bagaimana setelah kopling bisa menyebabkan gigi transmisi loncat, cek di halaman berikutnya.

__________________________________________________________________________________________________

Baca Juga : Perbedaan Spooring dan Balancing pada Mobil

Gigi loncat juga dapat terjadi karena setelan kopling yang tidak sesuai. Hal ini bisa menyebabkan transmisi yang nyangkut dan sulit untuk masuk.

Anda bisa mengatur pijakan kopling yang kurang dalam atau dangkal dengan melakukan perbaikan kedalaman kopling tersebut.

  • Clutch Cover Coupling yang Lemah

Penyebab gigi transmisi loncat berikutnya adalah melemahnya clutch cover kopling. Spare part ini berperan sebagai komponen dalam sistem kopling yang memiliki fungsi untuk menjepit kampas kopling.

  • Aus pada Blocking Ring

Blocking ring adalah salah satu komponen dalam sinkromes yang berwarna kuning keemasan dan berbentuk seperti gelang bergerigi.

Bagian ini, memiliki peran dalam melindungi roda gigi yang sekaligus sebagai pemandu hub sleeve saat sinkromes menghubungkan putaran dan daya dari gir percepatan.

Aus yang terjadi pada blocking ring juga bisa menyebabkan gigi loncat sendiri, misalnya transmisi dari gigi dua atau gigi satu ke gigi netral dengan sendirinya. Hal tersebut bisa membuat Anda kesulitan dalam mengoperasikan tuas transmisi.

  • Gigi Gir yang Aus

Kondisi gigi gir yang aus juga bisa menjadi penyebab gigi transmisi loncat ke netral dengan sendirinya.

Masih banyak penyebab lain gigi transmisi loncat, cek di halaman berikutnya.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya