Tips & Trik

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Transmisi Loncat

PUBLISHED DATE : 16 Maret 2022

69889658 S

Gaya mengemudi kendaraan manual dengan memindahkan transmisi ke posisi R ketika mobil belum berhenti dan masih melaju, ataupun sebaliknya juga bisa menjadi penyebab gigi transmisi loncat.

Saat Anda ingin melakukan pergantian tuas R maupun D, pastikan bahwa kendara di posisi berhenti.

Gaya berkendaraan yang seperti itu dapat memicu keausan komponen gir dalam transmisi. Bahkan, kondisi tersebut juga dapat merusak komponen lainnya.

  • Bobot Muatan 

Bobot muatan kendaraan Anda yang melebihi batas anjuran juga bisa menyebabkan beban kerja transmisi menjadi lebih. Hal tersebut juga bisa menyebabkan gigi transmisi loncat 

Usia dan perawatan juga bisa jadi penyebab, cek penjelasannya di halaman berikutnya.

_________________________________________________________________________________________________

  • Tidak Melakukan Perawatan dengan Baik

Ketika Anda memiliki kendaraan dan tidak merawatnya dengan baik, bisa menyebabkan gigi transmisi loncat. Anda perlu melakukan perawatan secara berkala untuk kendaraan manual.

Transmisi manual memiliki komponen yang terbilang lebih sederhana daripada transmisi matik yang lebih kompleks.

Baca Juga : Perbedaan Spooring dan Balancing pada Mobil

Anda bisa melakukan pengecekan kebocoran oli transmisi, pengecekan oli transmisi, dan juga penggantian oli transmisi setiap 40 ribu Km.

  • Faktor Usia Pemakaian

Selain kurangnya perawatan, usia pemakaian spare part yang cukup lama juga bisa menjadi penyebab gigi transmisi loncat. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kendaraan yang sudah berusia cukup lama, melakukan perawatan secara rutin merupakan hal yang sangat penting.

Setiap komponen memiliki waktu pakainya sendiri-sendiri, ketika sudah mencapai waktu untuk diganti namun masih belum diganti juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara.

Cara Mengatasi Gigi Transmisi Loncat yang Efektif

137405849_s

Setelah mengetahui tentang beberapa penyebab dari gigi transmisi loncat, selanjutnya Anda juga harus memahami cara untuk mengatasi permasalah tersebut. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gigi transmisi loncat.

________________________________________________________________________________________________

  • Mengganti Komponen Sinkromes
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya