Tips & Trik

Bearing Motor : Kenali Fungsi, Ukuran serta Kisaran Harga

PUBLISHED DATE : 16 Februari 2022

76848173 S

Selain menjaga kondisi bearing, pemilik motor juga harus memilih jenisnya dengan tepat agar kinerjanya bisa optimal. Apalagi saat ini sudah banyak jenis bearing untuk motor dengan berbagai spesifikasi yang mendukung keperluan Anda atas komponen tersebut.

Kode Bearing

Kode bearing roda semua motor yang digunakan contohnya adalah 6301 untuk menunjukkan ukuran dari komponen tersebut. Bearing dengan kode 6301 artinya memiliki tipe bola berukuran 6, tebal 3, dan diameter dalamnya sebesar 01.

Anda bisa menemukan kode yang bervariasi tergantung pada kebutuhan kendaraan tersebut. Perbedaan kode bearing ini terjadi karena setiap kendaraan memiliki ukuran yang berbeda, sehingga komponen tersebut juga menyesuaikan.

Ukuran Bearing Motor

Ukuran bearing motor sebenarnya bisa dicermati melalui kode yang tertulis pada angka tersebut. kode ini terdiri dari empat angka yang semuanya memiliki arti tersendiri. Satu angka pertama menunjukkan berapa tipe bearing tersebut.

Baca Juga : Motor Sport Anda Sudah Berusia 5 Tahun? Ini Komponen yang Perlu Diganti

Lalu, angka di urutan kedua menunjukkan seberapa tebal bearing yang digunakan oleh sepeda motor.

Sedangkan dua angka terakhir menunjukkan lebarnya diameter yang ada pada komponen bearing tersebut.

Jenis Bearing Pada Motor

147268176_s

Selain ukurannya yang berbeda, jenis bearing pada motor juga cukup bervariasi, sehingga Anda perlu memahaminya agar bisa menentukan pilihan dengan tepat sesuai kebutuhan kendaraan. Berikut ini beberapa jenis bearing yang ada pada motor.

  • Roller Bearing

Pertama, ada roller bearing yang bentuknya silinder dengan model memanjang untuk menampung beban dengan baik. Jenis bearing yang satu ini cukup efektif digunakan untuk menopang beban motor, baik secara vertikal maupun horizontal.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya