Tips & Trik

Bagian-Bagian Kapal Yang Menarik Untuk Diketahui

PUBLISHED DATE : 24 Juli 2020

Mesin Kapal

Bagian kapal yang satu ini merupakan gudang mini pada sebuah kapal. Bak digunakan untuk memudahkan kegiatan geladak, khususnya ketika lepas sandar maupun sandar.

Bagian kapal ini berada di depan kapal dan menyimpan jangkar serta alat tali temali. Awak kapal akan menggunakan gudang mini ini saat akan bersandar pada pelabuhan atau dermaga.

Lunas Kapal

Lunas pada kapal merupakan bagian yang terletak paling bawah di sebuah kapal. Ada beberapa jenis lunas yaitu lunas lambung, lunas dasar dan lunas tegak.

Lunas lambung merupakan lunas yang memiliki fungsi melindungi kapal apabila terjadi kandas. Lunas ini umumnya memiliki panjang seperempat hingga sepertiga dari panjang kapal bagian bawah.

Sementara itu, lunas dasar adalah lajur kapal dengan ketebalan kurang lebih 35 persen dari kulit kapal. Sedangkan lunas tegak merupakan lunas sepanjang kapal.

Double Bottom atau DB

Double bottom atau DB berarti dasar berganda. Ini merupakan bagian kapal yang dibentuk oleh sekat pelanggaran. Ukuran tinggi Double bottom ini berbeda-beda tergantung dari ukuran kapal.

Baca Juga : Apa Itu Landas Kontinen? Ini Jarak Perairan Indonesia

Bagian kapal ini memiliki fungsi sebagai penyimpan air tawar, ballast dan minyak. Selain itu, juga dapat meningkatkan keselamatan apabila terjadi kebocoran pada kapal dan membuat titik tinggi kapal lebih meningkat.  DB juga dapat meningkatkan kekuatan bangunan kapal yang membujur.

Akan tetapi, disamping kegunaannya tersebut, kapal yang menyediakan DB juga harus menanggung kerugian. Diantaranya adalah kehilangan sebagian muatan dan jika kapal kosong maka titik berat kapal akan terlalu ke atas. Selain itu, isi dasar berganda akan berkurang sebanyak lebih dari 15 persen.

Sekat Pelanggaran

Sekat pelanggaran adalah bagian kapal yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran dan memperkuat lintang kapal. Apabila terjadi kebocoran pada kapal, dengan sekat pelanggaran kapal tetap bisa berlayar secara perlahan.

Akan tetapi, ada yang perlu diperhatikan pada sekat pelanggaran ini. Misalnya, tebalnya yang harus melebihi sekat kedap air, letak batas penguat yang tepat dan pada bagian sekat pelanggaran dipasang baja siku.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, maka fungsi sekat pelanggaran dapat lebih dimaksimalkan. Bagian-bagian kapal tersebut menarik untuk diketahui karena memiliki fungsi yang amat penting.

Selain bagian tersebut terdapat bagian kapal lain seperti rudder, cofferdam, wrang, sekat belakang, linggi depan dan lain sebagainya.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya