Tips & Trik

Bagian-Bagian Kapal Yang Menarik Untuk Diketahui

PUBLISHED DATE : 24 Juli 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/mesin_kapal.jpg

Bagian-bagian kapal ini memiliki berbagai fungsi, seperti membuat struktur kapal membujur, menahan beban kapal dengan muatannya dan kedap air sehingga air tidak masuk ke dalam kapal. Selain itu, lajur kulit kapal memuat keterangan abjad sebagai lajur dasar dengan sambungan plat yang diberi angka.

Geladak Utama

Geladak atau yang dalam bahasa inggris dikenal dengan deck merupakan lantai kapal. Geladak utama terdapat di atas, sementara geladak dasar berada di bawah. Apabila terdapat galadak diantara kedua geladak tersebut, maka disebut dengan geladak antara.

Beberapa bahan yang bisa dijadikan sebagai konstruksi geladak adalah kayu, besi, serat kaca dan gading. Gading adalah rangka yang diletakan pada kulit kapal.

Bagian yang melapisi konstruksi geladak disebut dengan lajur geladak yang biasanya terbuat dari kayu. Lajur geladak ini harus memiliki beberapa kriteria seperti tahan lama, daya serapan air sekecil mungkin, cukup keras dan tahan perubahan suhu.

Selain itu, kriteria lainnya adalah bersih dari serat licin, cukup kering dan tidak mengandung bahan yang dapat merusak baja. Kayu yang bisa digunakan sebagai bahan lajur geladak adalah kayu cemara dan kayu teak.

Bridge atau Anjungan

Anjungan merupakan tempat roda kemudi atau ruang komando yang berisi peralatan navigasi, kamar radio dan nahkoda. Peralatan navigasi pada anjungan ini berfungsi untuk mengetahui posisi kapal. Posisi anjungan atau bridge ini umumnya memiliki pandangan ke berbagai arah.

Bridge harus dilengkapi dengan berbagai perlengkapan. Diantaranya seperti roda kemudi, kompas, teropong, radar, global positioning satellite atau GPS, perangkat komando mesin dan radio komunikasi.

Lambung

Lambung kapal adalah bagian badan kapal yang disebut juga dengan hul. Lambung kapal ini memuat daya apung atau buoyancy sehingga kapal tidak tenggelam. Lambung kapal dirancang khusus agar dapat meminimalisir gesekan dengan air. Apalagi pada kapal yang memiliki kecepatan tinggi.

Rancangan lambung kapal juga sangat diperhitungkan karena berpengaruh pada stabilitas dan ketahanan kapal saat berada di perairan. Ketahanan kapal tentu berpengaruh pada konsumsi bahan bakar, kecepatan, daya mesin dan lain sebagainya.

Lambung kapal sendiri memiliki berbagai bentuk yang menarik. Misalnya adalah kapal lambung datar, lambung v, lambung ponton, lambung katamaran dan lambung terowongan.

Bak

Bagian kapal yang satu ini merupakan gudang mini pada sebuah kapal. Bak digunakan untuk memudahkan kegiatan geladak, khususnya ketika lepas sandar maupun sandar.

Bagian kapal ini berada di depan kapal dan menyimpan jangkar serta alat tali temali. Awak kapal akan menggunakan gudang mini ini saat akan bersandar pada pelabuhan atau dermaga.

Lunas Kapal

Lunas pada kapal merupakan bagian yang terletak paling bawah di sebuah kapal. Ada beberapa jenis lunas yaitu lunas lambung, lunas dasar dan lunas tegak.

Lunas lambung merupakan lunas yang memiliki fungsi melindungi kapal apabila terjadi kandas. Lunas ini umumnya memiliki panjang seperempat hingga sepertiga dari panjang kapal bagian bawah.

Sementara itu, lunas dasar adalah lajur kapal dengan ketebalan kurang lebih 35 persen dari kulit kapal. Sedangkan lunas tegak merupakan lunas sepanjang kapal.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya